AKIK MALUKU

Yellow Opal, Batu Mulia Dari Pulau Seram

BERITABATU.com— Penemuan-penemuan batu akik terbaru asal Pulau Seram provinsi Maluku memang tidak pernah ada habis-habisnya. Varian batu akik asal pulau seram terus ditemukan oleh para penambang, sehingga batu akik seram ini merupakan tandingan bagi batu bacan sendiri di Maluku dan Maluku Utara.

Foto: Yellow Opal/Beritabatu.com

 

Foto: Yellow Opal/Beritabatu.com

 

Batu Seram mempunyai kualitas yang jauh berbeda dengan batu Bacan, Salah satu keunggulannya  Batu Seram adalah termasuk kategori batu Mulia. Sehingga di Kota ambon banyak yang lebih mengincarnya ketimbang Batu Bacan. Tidak ketinggalan, wisatawan asing yang datang juga turut membawah pulang batu akik seram sebagai ole-ole maluku.

Salah satunya adalah batu yellow Opal, dengan kualitas super yang natural, telah diuji dilaboratirium dan mempunyai tingkat kekerasa 8 skala mohs, dan merupakan jenis batu yang masi lanka, karena lokasi tambangnya terbatas, dan sampai kini para penambang masi mencari pusat tambangnya.

IKLAN ANDI BERITABATU

Sehingga tak heran jika batu ini mempunyai harga yang tinggi di banding Batu Bacan, untuk kualitas super yang masi dalam bentuk bongkahan, berkisar antara 3 juta pekilonya, sementara yang telah terbentuk cincin, hargnya bisa mencapai 10 juta hingga 15 juta.

ini merupakan harga yang tinggi dibanding Batu Bacan. bagaimana tidak kualitas batu seram jauh lebih unggul dibanding batu Bacan sendiri. dan ini membuktikan bahwa batu seram adalah pesaing batu bacan di Maluku, dan di Kota Ambon khususnya.

(RedBB/Edal)

Baca Juga : Awas! Batu Akik Gambar Merupakan Rekayasa Seniman

Komentar Gan

comments

1 Comment
To Top