HEADLINE

Woow!! Ternyata Batu Opal Kalimaya Juga Terdapat Di Planet Mars

BERITABATU.com— Planet Mars adalah Planet  terdekat keempat dar Matahari. “conon” Namanya diambil dar dewa peran Romawi, MARS. Planet ini sering dijuluki sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Ini disebabkan oleh keberada oksida di permukaan planet Mars.

opal di mars

universetoday.com

Mars merupakan Planet bebatua dengan atmosfir  yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es. Periode rotasi  dan siklus musim, Planet Mars mirip dengan Bumi. Planet ini mempunyai Gunung tertinggi di tata surya “ Olympus Mons” dan mempunyai Lembah yang yang terbesar di tatasurya “ Valles Marineris”.

NASA (lembaga yang bertanggung jawab terhadap luar angkasa-pen), pernah membawa beberapa Kamera yang paling kuat yang dikirim ke Planet mars, yang berhasil memperlihatkan tanda-tanda terbentuknya endapan dari proses cairan air Di planet ini. Diduga kuat, proses terbentuknya cairan air tersebut bisa menjadikan satu bebatuan permata yang kita kenal dibumi dengan batu Opal.

universetoday.com

Seorang Peniliti Utama untuk Compact Reconnassance Imaging Spectrometer untuk Mars (CRISM). Mengatakan, silica terhidrasi yang dikenal dengan Opal telah ditemukan hampir seluruh wilaya Planet Mars, ini merupakan penemuan menarik, dan tempat-tempat ini mungkin akan dapat mendukung kehidupan. Seperti yang dimuat pada laman universetoday.com.

IKLAN ANDI BERITABATU

Identifikasi Opaline silica membuat kita dapat mengetahui bahwa air mungkin telah ada pada dua miliar tahun yang lalu. Deposit mineral berbasis air dan ini bertanda bahwa kapan, dan dimana air hadir di Planet mars, tuturnya.

Opal merupakan bebatuan bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan kuarsa berat keseluruhannya berupa air namun biasanya isinya antara 6% hingga 10% dan terbentuk pada suhu yang relatif rendah. Negara penghasil batu opal tebanyak adalah Australia, Inggris, Amerika dan yang terakhir Indonesia. Ada klasifikasi batu kalimaya ini, namun yang paling lanka dan yang paling diminati di manca Negara adalah batu Opal kalimaa banten-indonesia

Sampai saat ini, hanya dua kelompok utama mineral terhidrasi di Planet Mars, phyllosilicates dan sulfat terhidrasi, yang telah diamati oleh pesawat ruang angkasa mengorbit Mars. Phyllosilicates seperti tanah liat dibentuk lebih dari 3,5 miliar tahun yang lalu di mana batuan beku datang ke dalam kontak jangka panjang dengan air. (redakasiBB/Edal)

Kunjungi Artikel Terkait :

Ini Carah Ampung Mengeluarkan Jarong Pada Black Opal dalam Jangka Satu Minggu

Inilah Batu Akik Yang Akan Bertahan Dengan Hargra fantastic

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top