AKIK

Waspada!.. Batu Bacan Palsu Dibuat dari Bahan-Bahan Ini

BERITABATU.com-Berbagai sumber dan para pengrajin batu akik menyebutkan, sudah banyak beredar Bacan Palsu di pasaran batu akik saat ini.

BACA: Cepat Kaya dengan Jualan Theme, Modal Begadang Untung Miliaran Rupiah

Ada hasil kreasi tangan-tangan jahil untuk merusak batu akik, yang mestinya dijaga secara bersama, dalam hal keasliannya.

BERITABATU berhasil mendapatkan informasi dari para tukang batu. Mereka mengungkap rahasia sejumlah tangan jahil yang membuat Bacan Palsu, dengan mencampurkan sejumlah bahan, hingga menjadi bongkahan seperti Batu Bacan. Berikut bahan-bahannya:

IKLAN ANDI BERITABATU
  1. Dempul Mobil
dempul mobil

Dempul Mobil. DESIGN BY BERITABATU.com

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat bongkahan Bacan Palsu, adalah dempul mobil. Dempul mobil dipilih sebab memiliki kandungan yang hampir mirip dengan batu, apabila sudah mengeras. Dan yang terpenting adalah dempul mobil bisa digosok dengan amplas. Atau gosokan batu yang sering digunakan untuk memoles batu akik. Karena menggunakan dempul mobil, makanya tangan tukang gosok batu akik akan melengket dengan Bacan Tiruan ini, karena dempul adalah zat yang melengket di tangan.

  1. Pomade Tancho
Pomade Tancho. BERITABATU.com

Pomade Tancho. BERITABATU.com

Pomade Tancho dicampurkan dengan dempul mobil untuk menjadikannya mengkilap. Entah bagaimana cara campur dan takarannya, namun hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil yang mirip bongkahan Bacan. Pomade Tancho juga biasanya dicampurkan dengan zat yang dapat membuat pomade tersebut mengeras seperti batu, hingga terlihat seperti warna hijau Bongkahan Bacan. Tangan tukang gosok batu juga akan melengket dan terasa berminyak apabila menggosok bongkahan ini.

  1. Semen

Semen juga biasanya digunakan untuk membuat Bongkahan Bacan Palsu. Hal ikut dikemukakan oleh pengrajin batu akik, yang biasanya menggosok bongkahan akik dari orang yang datang.

  1. Zat Pewarna.

Zat pewarna akan dicari yang cocok dengan campuran. Kemungkinan tangan-tangan jahil ini melakukan eksperimen secara beruang-ulang untuk menghasilkan bongkahan yang berkualitas mirip Bacan.

Empat bahan di atas diungkap oleh salah seorang penggosok Batu Akik yang biasa dipanggil Pak RT, di kawasan Palmerah Jakarta Barat, kemarin.

Kata dia, Bacan Palsu dibuat dengan Dempul Mobil, kemudian dicampurkan dengan zat pewarna, juga dicampur dengan Pomade Tancho. “Ini untuk mengkilapnya pak.” Katanya.

Komentar Gan

comments

Pages: 1 2

Click to comment
To Top