NEWS

Wah !! Ternyata Batu Akik Milik Rasulullah SAW Berasal dari Afrika

BERITABATU.com— Demam Batu akik yang melanda semenjak beberapa tahun terahir, nampaknya bukanlah fenomena baru, namun hanyalah fenomena yang berulang. Bahkan demam Batu Akik telah ada pada zaman awal munculnya kejayaan Islam 14 Abad silam.

Sebagaimana salah satu Jenis cincin batu akik yang di pakai Oleh Rasulullah Salallahua’alihi Wassalam adalah Jenis Batu akik yang terdapat dari Habasy yang merupakan pemberian Raja Habasy (afrika) pada saat itu.   dari Hadis Riwayat Muslim menjelaskan bahwa cincin Rasulullah terbuat dari perak dan Batu Mata cincinya dari Negeri Habasy (afrika).

Kecubung Bulu Merah

Foto: sekedar ilustrasi

Dari beberapa riwayat juga menjelaskan bahwa Nabi sendiri mengenakan cincin yang terpasang di jari kelingkingnya. sebagaimana Hadis riwayat anas bin malik mengatakan, cincin Rasulullah terbuat dari perak dan mata cincinya merupakan batu dari habasy (HR Muslim & Tirmizi), hadis ini di derajatkan Hasan Sohih dan di shohihkan oleh Hasan Albani.

Dalil-dalil tersebut menunjukan bahwa cincin Rasulullah berasal dai Habasy atau yang kita kenal sekarang dengan negara Afrika, ciri-ciri  Batu ini berwarna merah atau merah darah walau agak kehitam-hitaman, namun jika di lihat dengan cahaya maka terpancar warna merah tua pekat. Batu tersebut sekarang banyak di kenakan oleh pengusaha di Yaman.

IKLAN ANDI BERITABATU

Dalam Hadis lain Riwayat Imam Muslim, di kisahkan cincin Rasulullah bertuliskan Muhammad Rasulullah model penulisannya menempatkan kalimatullah yang berada di atas. Maksudnya model penulisannya dari atas kebawah, Allah-Rasul-Muhammad dan di baca dari bawah ke atas Muhammad-Rasul-Allah.  setelah Nabi Muhammad wafat cincin itu di pakai oleh Umar bin Khotab, lalu di wariskan kepada Utsman bin Afan.

Suatu ketika Utsman bin Afan tidak sengaja menjatuhkannya di sumur dan hilang, akhirnya sumur itupun di namakan Khatam yang berarti cincin. istilah khatam juga umum di pakai oleh sebuah surat yang di legalisasi sebuah stempel karena cincin Nabi tersebut berfungsi sebagai stempel dalam hal surat menyurat.  (dal)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top