HEADLINE

Tidak Ada yang Namanya Batu Bacan Obi, Jangan Salah Ucap

BERITABATU.com-Karena sama-sama berasal dari Maluku Utara, Batu Obi disebut juga Batu Bacan Obi. Padahal sejatinya Batu Obi adalah batu dengan karakteristik dan jenisnya tersendiri. Dan Batu Obi bukanlah Batu Bacan. Ini adalah kesalahan penyebutan.

Batu Bacan berasal dari Pulau Kasiruta yang terletak di sebelah barat Pulau Bacan. Sedangkan Batu Obi berasal dari Pulau Obi yang terletak di sebelah selatan Pulau Bacan.

Batu Bacan memiliki karakteristik tersendiri, unik, dan warnanya yang memukau. Warna Batu Bacan khas yakni hijau. Bacan Doko dan Palamea juga berbeda warna.

BATU Obi. FOTO BERITABATU.com

BATU Obi. FOTO BERITABATU.com

Begitu juga batu Obi yang memiliki banyak jenis dan warna. Yang membedakan antara keduanya adalah pada warna sumber asal batu masing-masing. Ada juga batu Obi yang memiliki warna hijau, namun hijaunya lebih muda dibandingkan Bacan Doko.

IKLAN ANDI BERITABATU

BACA JUGA: Inilah Keunggulan Batu Marjan Dalam Al-Quran

Tapi di antara semua itu Batu Obi kaya akan warna. Dan memiliki kemiripan dengan batu lainnya di Indonesia. Misalkan, memiliki kemiripan dengan batu Cempaka yang berasal dari Sumater dan Jawa, serta karakter yang sama dengan Batu Sulaiman yang banyak terdapat di wilayah Indonesia, atau batu berjenis Red Baron yang juga terdapat di Bengkulu.

Warna yang mulai dari Merah, Orange, Kuning, Putih Bening, Serat Sulaiman, dan lainnya adalah karakteristik Batu Obi. Intinya Batu Obi bukan Batu Bacan. (*)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top