AKIK MALUKU

Terbaru, Batu Mulia Blue Opal Kabupaten Seram Bagian Barat

BERITABATU.com — Jauh di Timur indonesia, Tepatnya di Desa Luhu Kabupaten Seram Bagian Barat Provinsi Maluku, tersimpan jenis-jenis  Batu Akik dan Batu Mulia yang tidak kala menariknya dengan batu-batu asal daerah lain.

Foto: Beritabatu.com, Blue Opal

Foto: Beritabatu.com, Blue Opal

Lokasi Tambang desa Luhu

Adalah Batu Blue Opal, Jenis Batu Yang masuk dalam Kategori batu Mulia ini, kini mulai di incar para kolektor di bagian Indonesia timur khusunya. Batu tersebut, Telah di uji di laboratirium dan merupakan Batu Mulia  yang mempunya tingkat kekerasan pada 8,5 skala mega mohs.

Karena semakin banyak yang mengincarnya Batu tersebut, kini mulai di eksplorasi ke Luar wilaya Maluku.   Jenis Batu tersebut Tidak terdapa pada wilaya lain di Indonesia, Kecuali di Kabupaten Seram Bagian Barat provinsi Maluku.   Keunikannya adalah, jika tidak di sentar, Batu tersebut tetap berwarnah Hitam mengkilap, namun jika di senter, maka terlihat batu tersebut berwarnah Biru yang memukau.

 Menurut Badan Geologi setempat, Jenis Batu Mulia ini merupakan penemuan terbaru, yang mana proses batu mulia ini terbentuk dari bebatuan  ultramefik di Pulau Seram-Maluku, Akibat dari proses metamorfisme batuan gunung api di Maluku dan batuan kompleks tuanusa.

IKLAN ANDI BERITABATU

Penyusunan warna yang tidak beraturan pada batu tersebut akibat sebaran kandungan mineral logam yang berbeda-beda disertai komposisi H2O yang cukup tinggi dalam proses oksidasi.

 (redaksiBB/Edal)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top