HEADLINE

Temuan Terbaru, Batu Bacan Palsu Terbuat dari Bahan-Bahan Ini

BERITABATU.com–Bukan hanya dari dempul mobil, tangan-tangan jahil yang hendak merusak tren batu akik, dan meraup keuntungan dengan cara haram, juga membuat batu bacan palsu dari semen dan dempul dan putih telur.

Tayangan terbaru yang merupakan hasil investigasi salah satu tv swasta di Indonesia, berhasil mengungkap cara pembuatan bacan Palsu, mirip dengan yang asli dan tidak ada bedanya.

Berdasarkan pemantauan BERITABATU.com dari video yang disebarkan di youtube.com, batu bacan palsu tersebut terbuat dari bahan-bahan ini:

1. Semen. Berdasarkan penampakan dalam video liputan televisi tersebut, semen yang digunakan adalah semen berwarna putih, yang dijual dalam plastik ukuran satu kiloan.

IKLAN ANDI BERITABATU

2. Putih telur. Juga para tangan jahil menyiapkan putih telur, kemudian dicampurkan dengan semen tersebut. Putih telur berfungsi untuk mengkilapkan batu Bacan Palsu, sekaligus untuk membuatnya tembus pandang bila disenter atau yang disebut dengan kristal.

3. Sejumlah bahan kimia. Liputan investigasi televisi tersebut tidak merincikan bahan kimia apa saja yang digunakan. Hanya saja disebutkan dalam transkrip berita, bahwa juga digunakan sejumlah bahan kimia.

Sejumlah orang yang sedang membuat bongkahan batu bacan palsu. Lokasinya di Jakarta Timur, menurut laporan investigasi salah satu televisi swasta nasional.

Sejumlah orang yang sedang membuat bongkahan batu bacan palsu. Lokasinya di Jakarta Timur, menurut laporan investigasi salah satu televisi swasta nasional.

4. Zat pewarna. Zat pewarna juga digunakan untuk menjadikannya hijau, juga menjadikannya berserat awal hitam, yang terdapat di dalam batu Bacan Palsu.

BACA JUGA: Hati-Hati, Penipuan Dengan Jual Batu Bacan Palsu, Terancam 1 Tahun Penjara

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top