AKIK

Semakin Langka, Pandan Betawi Jadi Incaran

PANDAN Merah. DESIGN BY BERITABATU.com.

PANDAN Merah. DESIGN BY BERITABATU.com.

BERITABATU.com-Persaingan batu akik semakin ketat. Saat ini, banyak peminat batu yang tengah mengincar batu Pandan asal Betawi.

Ada berbagai jenis Pandan yang beredar di masyarakat. Di antaranya, Pandan Nanas, Pandan Merah, Pandan Kapas, Pandan Biru, Pandan Suji, dan lainnya.

Tapi, hanya satu yang sangat diburu orang. Yaitu Pandan Suji atau dengan istilah lain Pandan Hijau.

Hal ini karena Pandan Hijau memiliki keunikan tersendiri, dan sekarang batunya sangat langka. Bentuk Batu Pandan unik, berbeda dengan pola batu akik lainnya. Lebih lonjong, memanjang ke depan, dan besar.

IKLAN ANDI BERITABATU

Seperti halnya Pandan Hijau, Pandan Merah juga banyak dicari orang. Bahkan di kalangan orang Betawi, banyak yang mendirikan klub atau grup Pecinta Batu Pandan Betawi. Salah satu ketuanya adalah Mandra. Artis yang sangat terkenal.

Menurut sebagian masyarakat Betawi, asal usul Batu Pandan berasal dari Sungai Ciliwung yang melintasi wilayah Jakarta. Ini adalah sungai terbesar di Jakarta.

Kisaran harga Batu Pandan bervariasi tergantung keunikan dan kristal dari batu tersebut. Kisarannya antara Rp 300 ribu sampai jutaan rupiah. (*)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top