AKIK

Sampai Kapan Bacan Pimpin Klasemen Zaman Batu?

BATU bacan DESIGN BY. BERITABATU.com

BATU bacan DESIGN BY. BERITABATU.com bacan

BERITABATU.com-Saat ini khusus untuk Batu Akik, tren Batu Bacan masih memimpin. Sampai kapan kira-kira tren Bacan akan berakhir? Berikut BERITABATU.com menyampaikan enam analisis atau tesis sederhana:

1. Tren Batu Bacan akan berakhir apabila ada batu lain yang muncul dengan karakteristik yang mampu mengalahkan Batu Bacan. Mulai dari warna, keunikan, dan momen tepat untuk menyulap batu tersebut menjadi raja sebagaimana momen SBY yang memberikan Obama Batu Bacan.

2. Mampu bertahan dengan harga awal. Ini yang sulit. Apabila para pedagang dan pengrajin mampu bertahan dengan harga awal pertama kali Bacan ngetop, maka hal itu menjadikannya sulit tersingkir dari pimpinan klasemen. Sebaliknya, jika Bacan mulai dilego dengan harga miring, maka dipastikan trennya akan segera tersingkir, dan sejajar dengan batu akik lainnya, atau Bacan akan segera digantikan dengan batu yang lain.

3. Tesis yang ketiga ini adalah kebalikan dari tesis atau analisa pada poin dua. Begini, ada sebagian masyarakat yang beranggapan bahwa jika Bacan masih tetap dijual dengan harga tinggi, maka dipastikan hati orang akan pindah ke lain batu. Otomatis trennya akan meredup, dan para pedagang Bacan akan banting harga supaya bisa terjual.

IKLAN ANDI BERITABATU

4. Di mana-mana setiap sesuatu akan berakhir. Misalkan dahulu HP Nokia sangat ngetop, sampai begitu sulitnya mencari carger HP Blackberry. Kemudian Nokia tersingkir gara-gara Blackberry, momentumnya juga adalah karena Obama gunakan HP Blackberry sebagai alat komunikasi genggamnya. Kemudian saat ini, HP dengan sistem Android menyingkirkan lagi Blackberry. Hal ini relatif berlaku pada semua jenis barang yang ngetren.

5. Bacan tidak akan bisa tersingkir dari klasemen kecuali dalam waktu yang lama, apabila tambangnya telah selesai, dan Bacan yang beredar di Masyarakat kian sedikit. Namun ini jika tidak ada batu yang mampu bersaing dengannya dalam hal popularitas, yang disebabkan karakteristiknya. Juga apabila Bacan masih terus diperbincangkan.

6. Jika terdaftar secara nasional dan internasional sebagai batu mulia yang penjualannya dihitung per karat, atau dengan karakteristik tersendiri. Sehingga ada standar harga yang digunakan dalam jual-beli, maka hal ini sulit turun klasemen, namun jika yang menentukan harga adalah pasar dan para pedagang, maka secara otomatis perlahan akan meredup. Sebab tingkat animo akan menjadi faktor penentu. (*)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top