AKIK

Red Borneo, Cantiknya ‘Si Pink’ dari Kalimantan

BERITABATU.com-Sekali lagi, bumi Indonesia kaya dengan batu akik. Jenis bebatuan mulai dari intan permata, sampai jenis chalcedony, semuanya ada di nusantara.

Salah satu batu akik yang lagi tren adalah Red Borneo dari Kalimantan. Ciri khas batunya adalah warna merah jambu yang memukau.

Ada juga warna merah tua, merah muda, dan merah pucat. Batu ini masuk dalam kategori Chalcedony, dengan karakteristik yang unik.

BACA JUGA: Mengenal Batu Cyslops dari Jayapura, Warna-Warni yang Memukau

IKLAN ANDI BERITABATU

Kebanyakan batunya mengandung serat, atau guratan hitam yang terpencar di dalam hingga permukaan batu. Juga sebagiannya berserat warna keabu-abuan.

Jenis bebatuan ini berasal dari dua desa di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Yakni Desa Kiram dan Desa Bunglai.
Kebanyakan pebisnis batu menyebutkan, bahwa yang berkualitas baik terdapat dari Desa Kiram. Bongkahan Red Borneonya padat, warna solid, dan tingkat kekerasannya tinggi.

RED Borneo. DESIGN BY BERITABATU.com

RED Borneo. DESIGN BY BERITABATU.com

Adapun di Desa Bunglai, berkualitas rendah. Disebutkan bahwa zatnya tidak padat, ringan, dan banyak kapur. Meski demikian, kualitas terbaik juga banyak ditemukan di desa ini.

Batu ini baru tren sejak 5 bulan terakhir. Namun sudah dikenal oleh masyarakat sekitar sejak bertahun-tahun lamanya.

Di pasaran, yang memiliki kualitas rendah, dibanderol Rp 250 ribu sampai 300 ribu. Adapun kualitas terbaik, dengan warna merah jambu yang memukau dijual dengan harga puluhan juta rupiah. (BB).

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top