HEADLINE

Pemerintah Akan Menarik Pajak Penjualan Batu Akik Sebesar 5 Persen

BERITABATU.com-Pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Perdagangan dan Menteri Keuangan, mewacanakan penarikan pajak dari penjualan batu akik.

Pemerintah tergiur dengan dengan nilai jualnya yang sangat tinggi. Jumlah uang yang beredar dalam bisnis batu akik juga terbilang banyak. Pemerintah akhirnya berencana menarik panjak dari penjualan batu akik.

Rencana ini dikemukakan Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Saleh Husin mengatakan, besaran pajak yang ditarik dari penjualan batu akik, adalah sebesar 5 persen untuk batu akik yang memiliki harga mulai dari Rp 1 juta.

Sedangkan batu akik yang harganya di bawah Rp 1 juta dikenakan pajak sebesar Rp  0,5 persen sampai 1,5 persen.

IKLAN ANDI BERITABATU

Pemerintah sepertinya serius dalam menerapkan pajak batu akik. Sebab menurut Saleh Husin, kebijakan ini akan dimulai dengan melakukan revisi terhadap Peraturan Menteri Keuangan Nomor 253/PMK.03/2008.

Adapun Peraturan Menteri Keuangan Nomor 253 mengantur tentang wajib pajak badan tertentu sebagai pemungut pajak penghasilan dari pembeli atas penjualan barang yang tergolong sangat mewah.

Menteri Perdagangan akan mengusulkan usul revisi peraturan ini kepada kementerian keuangan, dengan memasukkan klausul tentang batu akik yang akan dikenakan pajak, sebagaimana yang telah diuraikan sebelumnya tentang besaran persentase harga penjualan.

Bagaimana menurut pendapat pecinta batu akik? BERITABATU.com akan segera melakukan polling dalam waktu dekat, untuk melihat reaksi pecinta batu akik secara pasti. Apakah setuju ataukah tidak menolak penarikan pajak ini. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top