HEADLINE

Meski Mahal, Namun Batu Akik Tidak Bisa Di Gadai

BERITABATU.com—  Harga batu akik saat ini memang membuat mata terbelalak, apalagi batu akik jenis tertentu yang sudah populer dan sangat langka, maka sudah tentu harganyapun  selangit,  bahkan nyaris melewati harga emas.

Meski demikian, hal ini tidak menjadikan pegadaian menerima batu akik sebagai jenis barang yang bisa digadai. Alasannya, harga batu akik itu subjektif. Harganya terserah si penjual itu sendiri.

Foto : Beritabatu.com

Foto : Beritabatu.com

Tidak ada harga baku dipasaran. Berbeda dengan emas yang memiliki harga baku. Makanya pegadaian hanya menerima batu akik yang digadai dengan ikatan cincin yang ada emasnya. Itu pun yang dinilai adalah emasnya bukan akiknya.

Harga batu akik yang subjektif dan tidak memiliki harga baku itu memang tak bisa disangkal. Taruhlah Anda membeli batu akik di sebuah toko, beberapa minggu kemudian Anda kembali menjualnya di toko yang sama dengan harga yang sama pula. Belum tentu si pemilik toko akik itu membelinya dengan harga yang sama atau bahkan separoh harganya pun tidak. Justru akan kurang dari itu barulah si pemilik toko tersebut akan membelinya ulang. Demikianlah kenyataan dilapangan.

IKLAN ANDI BERITABATU

Lantas akankah peminat batu akik urung diri untuk untuk membeli batu akik karena tidak bisa digadai? Belum tentu juga. Sebab orang membeli batu akik itu adalah persoalan hobi atau sebagai koleksi. Dimana akan ada kepuasan tersendiri bagi si pembeli itulah alasannya berapa rupiah pun siap dikeluarkan.

Berbeda dengan emas yang merupakan harta kekayaan yang sudah diakui, sudah tentu menjadi barang yang bisa digadai dimana niat orang yang membelinya pun selain sebagai perhiasan juga sebagai tabungan yang bisa dijual kembali kapan pun.(Mn/BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top