AKIK

Mengenali Kandungan Serat Batu Hijau Garut, Dan Bacan Halmahera

BERITABATU.com—Batu Hijau Garut, belakangan ini di kenal dengan jenis batu yang mirip dengan batu bacan halmahera, Batu Asal kecamata Bungbunglan Kabupaten Garut Jawa timur ini, suda mulai langka. Kekristalan hijau garut dan penampilannya nyaris sama dengan batu bacan yang  mengkristal. Secara kasat mata memang kedua jenis batu ini mempunyai kesamaan, sama-sama mempunyai warnah hijau yang jernih.

untuk mencari tau perbedaannya maka solusi yang tepat adalah mengunjungi laboratirium batu akik yang tesedia,  sehingga nantinya akan memperoleh keterangan-keterangan tentang serat-serat yang berada pada batu hijau garut dan bacan ini. namun sebelumnya ini perbedaan hijau garut dan bacan versi beritabatu.com :

Hijau Garut. desaign by Beritabatu.com

 

desaign by Beritabatu.com bacan doko

 

 

Batu Akik Hijau garut di sebut dengan Chrysoprase. dikatakan Chrysoprase karena memiliki warnah hijau yang jernih (kalsedon) yang mengandung unsur nikel. memang ada banyak kehadiran batu-batu jenis kalsedon di indonesia, namun yang paling mirip dengan bacan adalah Hijau Garut, atau dalm ilmu Geologi disebut dengan Chrysoprase Chalsedony. adapun sebagaian pendapat menamakannya juga dengan Green Chalcedony ex Garut.

Sedangkan Unsur yang ada pada Batu bacan adalah Silica dan tembaga, sehingga di sebut dengan Chryscolla Quartz atau Chrysocolla Chalcedony. Bintik-bintik hitam pada Batu Bacan adalah mineral biji tembaga yang merupakan hasil dari pross sekunder. bintik-bintik tersebut bisa juga mieral kiprut (Cu2O) atau tembaga alam (Cu). proses hilangnya bintik-bintik hitam  tersebut menjadi hijau bening dengan perjalanan waktu yang cukup lama. bisa saja karena proses oksidasi atau karena proses temperatur. (RedBB/Edal)

IKLAN ANDI BERITABATU

BACA JUGA : Ini dia Batu Hijau garut rasa Bacan 

Baca Juga : KENALI CIRI-CIRI  BATU BACAN YANG TIDAK BISA MENGKRISTAL

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top