AKIK

Mengenal Batu Red Rafflesia Asal Bengkulu

BERITABATU.com-Batu Akik Red Rafflesia merupakan jenis batu cincin yang berasal dari Bengkulu. Namanya diambil dari nama bunga Rafflesia yang ditemukan di Sumatera.

Ini karena corak warnanya sebagaimana bunga Rafflesia. Batu Akik Red Rafflesia juga dikenal dengan batu Cempaka. Batu ini masuk dalam kategori Red Carnelian Chalcedony.

Ciri khas batu ini adalah warna merah yang merata pada postur batu yang transparan. Sehingga membuatnya memukau dan elegan. Batu ini banyak diburu para kolektor batu, dan cukup populer.

BACA JUGA: Mengenal Batu Obi dari Maluku Utara

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Cempaka atau Red Rafflesia sebenarnya banyak memiliki paduan warna. Ada kuning, orange, merah darah, merah tua, serat sulaiman, mata kucing, dan lainnya. Namun yang paling terkenal di antara semua jenis itu adalah Red Rafflesia.

Ini disebabkan oleh keindahan warnanya yang memukau. Batu Red Rafflesia saat ini di Bengkulu sudah mulai langka. Terutama bongkahannya. Masyarakat setempat bahkan mulai meminta Pemda setempat untuk membuat regulasi atau aturan, supaya bongkahan Rafflesia tidak lagi dibawa keluar daerah.

BATU Akik Red Rafflesia, asal Bengkulu. DESIGN BY BERITABATU.com.

BATU Akik Red Rafflesia, asal Bengkulu. DESIGN BY BERITABATU.com.

Mengingat hari demi hari bongkahan bebatuan ini sulit didapatkan. Red Rafflesia sangat populer, bahkan hampir menyaingi Bacan. Hanya saja harga Bacan terlampau tinggi dalam pasaran batu akik.

Adapun Red Rafflesia, dibanderol dengan harga bermacam-macam dan relatif terjangkau. Mulai dari harga Rp300 ribu sampai Rp2 juta. Bahkan harganya bisa puluhan juta rupiah, jika telah diikat dengan gagang cincin yang memukau, dan jenis batu serta tingkat kekerasannya di atas rata-rata.

 

 

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top