AKIK

Mengenal Batu Obi dari Maluku Utara

BERITABATU.com-Salah satu batu akik yang digemari saat ini adalah Batu Obi. Batu ini berasal dari Pulau Obi, Maluku Utara.

Masyarakat setempat mengambil batu ini dari bebatuan yang terdapat di Pulau tersebut, yang memiliki corak dan warna beragam. Jika Nampak dari batu ini hanyalah seperti bongkahan batu biasa yang tak memiliki nilai.

Namun jika dibelah disinari senter, maka sinar tersebut akan teembus. Cirri khas batu ini adalah transparan dengan tingkat standar.

Selain itu, batu ini memiliki warna beragam. Di antara warnanya adalah, hijau mudah, merah madu, merah tua, orens, kuning, dan putih susu.

IKLAN ANDI BERITABATU

Adapun motifnya juga beragam, seperti bermotif batu sulaiman, serat berawan, berjenis cempaka madu, dan lain sebagainya.

BATU Obi yang berwarna kuning. FOTO BERITABATU.com

BATU Obi yang berwarna kuning. FOTO BERITABATU.com

Batu Obi kaya akan warna dan jenis. Seakan-akan bebatuan akik yang ditemukan di Indonesia terhimpun di Obi, kecuali beberapa jenis saja. Ini karena kekayaan warna yang dimilikinya. Serta beragam motif yang terkandung dalam bebatuan di Pulau Obi.

Tingkat kekerasan batu obi sama dengan batu Bacan. Bahkan ada yang melebihi batu Bacan di atas 7 skala mohs.

Hanya saja masalah harga, Batu Bacan lebih tinggi berlipat-lipat dibanding Batu Obi. Hal ini karena motif yang dimiliki Batu Obi, sama dengan yang ditemukan di daerah lainnya.

Salah satu jenis Batu Obi yang memiliki harga tinggi adalah Merah Obi. Harganya di di Pasar Rawa Bening Jakarta Timur dipatok sebesar Rp 2 juta, dengan ikatan dari titanium standar. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top