AKIK

Mengenal Batu Cyslops dari Jayapura, Warna-Warni yang Memukau

BERITABATU.com-Indonesia kaya akan bebatuan yang dapat dijadikan sebagai perhiasan. Baik perhiasan lelaki maupun perhiasan perempuan.

Dari bumi Sumatera terbentang hingga Papua, menyimpan artistik bebatuan akik yang terkenal. Di Sumatera ada Giok Red Rafflesia, dan jenis batu Chalcedony lainnya.

Di Maluku Utara, ada batu Obi dan Bacan. Di Pulau Jawa apalagi. Di Kalimantan bahkan tersimpan berlian dan berbagai jenis batu permata lainnya. Di Bali, NTT, NTB semua memiliki berbagai jenis batu Akik.

Di Sulsel misalkan, ada batu Sisik Naga dari Kabupaten Enrekang. Ada juga batu akik Lida Buaya dari Palu. Adapun di Papua atau Irian Jaya, kini muncul batu yang sangat artistik. Yaitu batu Cyslops, atau biasa disebut juga Siklop.

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu ini memiliki warna beragam. Mulai dari Hijau, Biru Muda, Biru Tua, Merah, Orange, Kuning, dan berbagai jenis varian warna lainnya.

Batu ini banyak ditemukan di pegunungan Siklop di Jayapura. Jenis bongkahannya banyak ditemukan berbentuk bulat seperti kelereng. Ada ukuran yang persis seperti kelereng, ada juga ukuran yang agak besar dari kelereng.

Ini merupakan sebuah keunikan dari batu ini, karena bongkahannya jarang ditemukan dalam bentuk tidak beraturan, melainkan berbentuk bulat seakan telah dibentuk pada suatu zaman tertentu dengan sempurna.

Batu Cyslops banyak diminati hingga saat ini. Karakteristik yang dimilikinya adalah transparan, dan kaya warna. Ada yang menyebutkan bahwa bebatuan ini merupakan jenis Chalcedony, namun ada juga yang menyebutkan bahwa bukan termasuk kategori Chalcedony.

Jika kita pergi ke Pulau Irian Jaya dan menyusuri pegunungan Siklop, bukan berarti kita akan mendapatkan bongkahannya yang berlimpah.

Batu ini sulit ditemukan. Kita harus menyusuri pegunungan dan lereng-lerengnya, maka kemungkinan besar akan pulang dengan bongkahannya.

Harga di pasaran saat ini per satu bongkahan mulai dari Rp 100 ribu sampai 300 ribu, ini karena bongkahannya kecil seperti kelereng. Harga satu cincinnya berkisar antara Rp 200 ribu sampai R 1 juta.

Batu ini termasuk salah satu batu yang sangat digemari para kolektor. Ini karena keunikan dan warna yang dipancarkan. Belum diketahui pasti nilai kekerasan batu ini. Yang pastinya, jika anda melihatnya pasti terpikat. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top