AKIK

Mengenal Batu Akik Blue Opal, Si Biru Memukau

BERITABATU.com-Salah satu batu akik dengan karakteristik unik, adalah Blue Opal.

Batu ini terdapat dari wilayah Jampang, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Sebelum tren batu akik seperti sekarang, batu Blue Opal dahulu digunakan sebagai pondasi jalan raya sebelum diaspal.

Pada saat terjadi gempa belum lama ini, Blue Opal kemudian muncul di permukaan karena retakan di Jalan. Dan momennya tepat, yakni lagi tren batu akik. Masyarakat kemudian memburu batu ini.

Batu Blue Opal, memiliki warna biru dengan guratan coklat emas. Mirip batu Akik Lapiz Lazuli dari Afghanistan. Guratan emasnya juga sekilas mirip Pirus, hanya saja Pirus memiliki warna biru muda yang hampir mirip Bacan Palamea.

IKLAN ANDI BERITABATU

BACA JUGA: Ini 7 Cara Membuat Batu Akik Anda Supaya Dijual Miliaran Rupiah

Batu ini sebenarnya telah dikenal sejak tahun 1990-an, namun tidak digunakan sebagai akik.

BATU Akik Blue Opal. DESIGN BY BERITABATU.com.

BATU Akik Blue Opal. DESIGN BY BERITABATU.com.

Kisaran harga bongkahan di pasaran per satu kilo, sebesar Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu. Harganya bisa lebih mahal tergantung tingkat transparansinya. Blue Opal ada yang transparan juga tidak transparan.

Adapun harga per satu buah cincin, kisarannya dari Rp 200 ribu sampai Rp 1 Juta. Tergantung dari warna birunya yang kian memukau dan serat emasnya, juga tingkat transparansinya. (BB)

Jangan lewatkan polling batu akik di bawah ini. Jadikan batu kesayangan anda memimpin polling, ajak teman dan keluarga untuk memberikan pilihan supaya batu akik pilihan anda menjadi lebih terkenal dan memimpin klasemen. Cara voting adalah, klik salah satu nama batu, kemudian klik tombol vote yang terlihat di bawah. Anda hanya bisa memilih satu kali, kecuali jika anda keluar dan kembali masuk ke dalam website, baru anda bisa memilih kembali.

 

IKUTI POLLING BERIKUT

Menurut Anda, Batu Apakah Yang Paling Bagus?

  • Red Rafflesia (36%, 3,502 Votes)
  • Giok (33%, 3,239 Votes)
  • Kecubung (11%, 1,043 Votes)
  • Bacan (10%, 972 Votes)
  • Kalimaya (4%, 394 Votes)
  • Pancawarna (3%, 284 Votes)
  • Sisik Naga (2%, 221 Votes)
  • Blue Opal (1%, 108 Votes)
  • Ati Ayam (1%, 63 Votes)

Total Voters: 9,826

Loading ... Loading ...

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top