AKIK

Mengenal Batu Akik, Blue Azurite dan Harganya

BERITABATU.com—Salah satu batu akik yang terkenal di dunia adalah Blue Azurite. Karakteristiknya ada pada warna biru keunguan yang memukau.

Tingkat kekerasannya sedikit, hanya berkisar antara 3 sampai 4 mohs. Kalau Batu Bacan atau Chrysocolla tingkat kekerasannya 3 sampai 5 skala mohs.

Secara etimologis, Azurite berarti biru. Dikatakan dalam sejumlah sumber tidak resmi, bahwa kemungkinan besar, kata Azurite berasal dari bahasa Arab yaitu Azurq yang berarti Biru.

Ada juga yang mengatakan, Kata Azurite berasal dari bahasa Persia yaitu Lazhward yang berarti biru.

IKLAN ANDI BERITABATU

Blue Azurite bisa didapatkan bercampur pada beberapa jenis batu, seperti Chrysocolla, atau Pirus.

Batu ini ditemukan di wilayah Barat Daya Amerika Serikat, Zaire, Nambia, Maroko, Meksiko, Prancis, Chili dan Australia.

BONGKAHAN batu akik Blue Azurite. DESIGN BY BERITABATU.com

BONGKAHAN batu akik Blue Azurite. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu ini telah terkenal selama ribuan tahun silam, sebagai perhiasan. Adapun di abad pertengahan batu ini dihaluskan dan dijadikan sebagai cat bangunan, serta

Azurite ditemukan di Australia, Chili, Perancis, Meksiko, Maroko, Nambia, barat daya AS, dan Zaire.

Selama ribuan tahun batu ini telah digunakan dalam perhiasan dan benda-benda hias. Selama Abad Pertengahan dan Renaissance itu ditumbuk menjadi pigmen untuk digunakan dalam cat bangunan, dan zat untuk mempercantik mata wanita atau disebut dengan ‘eye shadow’.

BACA JUGA: Bandingkan Dengan di Indonesia, Ini Harga 4 Bongkahan Bacan di Luar Negeri

Di zaman dahulu tersebut, batu ini tidak diketahui secara khusus bisa digunakan untuk cincin dan kalung. Tidak ada catatan sejarah tentangnya. Namun baru terkenal di abad ini sebagai batu akik atau mulia untuk cincin.

Harga per satu bongkahan sekukuran kepalan tangan anak umur 2 tahun, seharga Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta. Tergantung tingkat kecerahan pada batu tersebut. (BB).

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top