AKIK

Mengapa Dinamakan Batu Pancawarna?

BATU Pancawarna. ilustrasi

BATU Pancawarna. ilustrasi

BERITABATU.com–Salah satu batu yang cukup terkenal sekarang adalah Batu Pancawarna. Batu ini paling banyak di temukan di daratan Pulau Jawa.

Saat ini yang banyak beredar di pasaran adalah Batu Pancawarna dari Garut. Cukup terkenal. Pertanyaannya mengapa batu ini dinamakan Pancawarna?

ARGUMEN PERTAMA: Jawabannya adalah batu ini memancarkan warna. Secara etimologis Pancawarna terdiri dari dua suku kata. Yakni Panca dan Warna. Sebenarnya, Bukanlah kata Panca yang pertamakali digunakan, namun kata yang digunakan adalah Pancar.

Hal ini karena batu ini memancarkan warna yang beraneka raga, Satu batu saja bisa terdiri dari lima warna yang unik. Tapi kemudian Kata Pancar mengalami abrasi kata. Sebab, apabila Pancar diucapkan bersamaan dengan Warna maka kurang tepat ucapannya pada lida seseorang karena dobeil “R” yang terdapat pada dua suku kata ini.

IKLAN ANDI BERITABATU

Coba baca PANCARWARNA, pasti kurang pas di ucapan. Maka kemudian diucaplah PANCAWARNA. “R” yang terdapat dalam suku kata PANCAdisembunyikan.

ARGUMEN KEDUA: Panca artinya lima. Sedangkan batu ini menghasilkan sedikitnya lima warna, dan ada yang lebih daripada itu. Namun yang umum dikenal, batu ini memiliki lima warna. Maka disebutlah Panca Warna atau lima warna.

Ini adalah argumen atau alasan yang umum dikenal di masyarakat Garut, dan pecinta batu pada umumnya. Argumen Kedua lebih kuat daripada argumen pertama. Namun ada juga yang memilih argumen pertama. Bagaimana menurut anda?..

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top