AKIK

Mengapa Batu Bacan Palsu Dapat Dibuat dari Dempul Mobil?

BERITABATU.com—Ada-ada saja kerjaan orang untuk meraup keuntungan dengan cara-cara tidak benar, dan dapat merusak tren batu akik di Indonesia.

Dalam artikel sebelumnya telah diungkapkan 7 ciri utama Batu Bacan palsu yang terbuat dari dempul mobil, kali ini akan dikemukakan alasan mengapa dempul mobil yang digunakan sebagai bahan membuat Bacan Palsu.

Cara ini mungkin terpikirkan oleh tangan-tangan jahil sehingga mereka berupaya melakukan ini. Ada Empat Alasan Utama sehingga dempul mobil menjadi bahan utama membuat Bacan Palsu.

  1. Dempul mobil memiliki zat yang mirip dengan batu apabila telah mengering. Hanya saja dempul mobil tidak memiliki kandungan yang padat, meskipun dipres dengan mesin pres batu.
  2. Mudah dicampurkan dengan zat lain, yang menyerupai jel yang dapat mengeras, sehingga terlihat seperti Bacan yang mulai mengkristal, padahal sejatinya adalah bohongan.
  3. Karena dempul mobil mudah dicampurkan dengan zat pewarna. Dan dapat menyatu.
  4. Dapat digosok dengan menggunakan gurinda, diamond wheel, juga amplas.

Untuk diketahui eseorang yang melakukan ini, kemudian mengatakan bahwa ini adalah bongkahan Bacan Asli, maka ia kemungkinan besar akan terkena pidana penipuan dalam jual-beli.

IKLAN ANDI BERITABATU

Ancaman hukumannya tergantung kasus penipuan yang dilakukan. Namun bisa maksimal mencapai 4 tahun penjara. (BB)

BACA JUGA: Hati-Hati, Penipuan Dengan Jual Batu Bacan Palsu, Terancam 1 Tahun Penjara

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top