HARGA

Mengapa Batu Akik Ini Harganya Rp 20 Miliar?

BERITABATU.com-Salah satu batu akik yang memiliki harga selangit adalah, batu milik Darnuzi, warga Suka Makmue, Nagan Raya, Aceh.

Batunya ia banderol dengan harga Rp 20 miliar. Dan ini merupakan harga batu yang memecah rekor batu akik di Indonesia.

Sampai saat ini, belum ada yang mematok harga batu akik, melampaui batu milik Darnuzi. Yang menjadi pertanyaan, mengapa Darnuzi mematok harga batunya semahal itu?

BACA JUGA: Ini Pertemuan Dua Batu Akik ‘Raksasa’ Asal Sumatera

IKLAN ANDI BERITABATU
BATU akik bergambar naga. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik bergambar naga. DESIGN BY BERITABATU.com

Tentu pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh Darnuzi sendiri. Namun inilah tiga analisis dari BERITABATU.com:

  1. Motif yang terdapat di dalam batu akik miliknya. Batu yang dimiliki Darnuzi merupakan batu langka, karena bergambar Naga Terbang yang unik. Batu bergambar Naga Terabang tidak dimiliki orang lain, kecuali Darnuzi sendiri. Karena batu langka, maka memiliki nilai jual tinggi.
  2. Tidak ada yang mengontrol Harga. Khusus untuk batu akik, harga benar-benar bebas. Kita sendiri yang menentukan harga. Maka batu akik yang kita miliki bisa kita patok dengan harga yang murah atau mahal. Wajar jika batu ini dipatok Rp 20 miliar. Ingatlah bahwa batu akik bukanlah harga beras, yang harganya bisa diintervensi pemerintah.
  3. Memiliki Pasar Tersembunyi. Batu dengan motif naga memiliki pasar tersendiri, dan dari kalangan atas. Misalkan dari kalangan negeri China. Mereka sangat senang dengan sesuatu yang bermotif naga. Kabarnya mereka tidak segan-segan mengeluarkan uang banyak untuk membeli barang antik dari alam, yang memiliki motif naga. Hal ini mungkin juga dipikirkan oleh pemilik batu.

Demikian.

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top