AKIK

Memukau…!! Ijo Borneo, Inilah Batu Kalimantan yang Mirip Bacan

SALAH satu daerah yang kaya dengan jenis bebatuannya adalah Kalimantan. Ada berbagai jenis batu dengan warna memukau di sana.

Salah satu jenis batu yang baru ditemukan adalah Ijo Borneo. Batu ini nyaris mirip dengan batu Bacan yang terdapat di Kecamatan atau Kesultanan Bacan, Maluku Utara.

Batu Ijo Borneo lebih mirip dengan Bacan Palamea, ada hijau kebiruannya. Jika dilihat sekilas sangat mirip. Bahkan jenis bongkahannya juga sama persis.

Namun jika dilihat secara teliti ada perbedaan pada warna dasarnya. Untuk lebih jelas anda bisa melihat foto yang ditampilkan berikut ini.

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Ijo Borneo ditemukan di Kabupaten Kotabaru. Sebuah kabupaten di Kalimantan Selatan yang secara geografis terpisah dari Pulau Induk Kalimantan.

Bongkahan Ijo Borneo. Foto Edho Wong Banjar.

Bongkahan Ijo Borneo. Foto Edho Wong Banjar.

Kabupaten ini berada antara Pulau Kalimantan dan Sulawesi, namun lebih dekat dengan Pulau Kalimantan. Di kabupaten inilah ditemukan batu yang diberi nama Ijo Borneo.

Ijo Borneo bukanlah batu Green Borneo. Green Borneo seratnya mirip dengan Red Borneo. Adapun Ijo atau Hijau Borneo lebih mirip dengan Bacan.

Ijo Borneo bila disenter.

Ijo Borneo bila disenter.  Foto Edho Wong Banjar.

Batu ini dijual di Kalimantan dengan harga berkisar antara Rp 350 ribu per satu kilo gram. Adapau Green Borneo memiliki harga di bawahnya. Ijo Borneo masih lebih mahal. (bb)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top