HEADLINE

Kenapa Batu Bacan Begitu Mahal? Ini Alasannya

BERITABATU.com— Meskipu trend batu menurun, namun tidak berdampak kepada harga batu bacan, bahkan harganya semakin tinggi, di maluku utara sendiri, bacan kini mulai dijual per gram.

Padahal dari nilai estetika batu bacan terlihat biasa saja, tidak berbeda jauh dengan jenis-jenis batu chalsedony lainnya, seperti hijau garut, atau giok aceh.

Namun, dibalik mahalnya harga batu bacan, ternyata ada hal-hal yang turut mempengaruhinya. berikut bebepara point yang turut mempengaruhi tingginya harga batu bacan, yang dihimpun redaksi Beritabatu.com :

Batu Bacan. Foto BERITABATU.com

1. Terkenal. Dahulu sebelum trend batu melejit, Batu bacan diberikan gratispun tidak ada yang mau, sehingga ada sebagian Masyaratakat di ternate yang menjadikan batu bacan sebagai batu pondasi rumah. Bahkan ada salah satu jembatan kecil di ternate yang laintainya terbuat dari lempengan batu bacan.

IKLAN ANDI BERITABATU

Namun Setelah beredar pemberitaan bahwa salah satu cindera mata yang diberikan SBY kepada Obama adalah Cincin dari Batu Bacan, maka hal ini kemudian menjadikan batu bacan terkenal di seluruh nusantara. semua penggemar batu mulai berkeinginan memilikinya, bahkan banyak pengusaha dari manca negara yang mengincarnya, seperti dari cina dan taiwan, maka otomatis harganyapun akan semakin tinggi. crysocolla chalsedony ini juga kabarnya telah dikenakan oleh ratu Elisabeth.

bacan palamea99

2. Batu Hidup. Salah satu penunjang batu bacan menjadi tekenal adalah “conon” batu ini merupakan batu hidup, warnahnya bisa berubah menjadi kristal bila dipakai terus menerus meskipun tanpa treatmen. padahal bukan batu tersebut hidup, namun perubahan ini merupakan proses alami pada batu tersebut, proses itu terjadi karena adanya perubahan temperatur.

3. Kelankaan. Kelankaan juga turut mempengaruhi harga pada batu bacan. pada bulan januari kemarin, Batu bacan masi bisa didapatkan dengan harga 300 ribu untuk ukuran sebesar bungkusan rokok, sementara untuk harga satu biji mata cincin, kita masi bisa dapatkan dengan harga 50 ribu rupiah, khususnya di wilaya maluku.

namun setelah semaikn sulitnya ditemukan oleh penambang, penggalian pada lokasi tambang hingga mencapai kedalaman puluhan meter, tetapi yang ditemukan hanyalah bongkahan-bongkahan kecil, sementara permintaan pasar semakin membludak, peminat batu bacan semakin bertambah, maka harganyapun semakin tinggi, yang dulunya sebesar bungkusan rokok bisa Rp. 300.000, namun kini ukuran itu didapatkan dengan harga 3 juta, Bahkan kini mulai dijual satu gram Rp 250.000.

4. Peminat. Peminat pada batu bacan tidak pernah ada habis-habisnya, tidak pernah ada titik jenuhnya. inilah keunggulan batu bacan, berbeda dengan batu lainnya, hal ini kemudian turut mempengaruhi harga pada batu tersebut, semakin banyak peminat, maka semakin tinggi permintaan pasar, maka pastinya akan membuat harganya selangit.

Nah para Gemlovers, untuk menjadikan batu di wilaya anda mahal dan diincar para kolektor, dalam negeri maupun manca negara, seperi halanya batau bacan, awalnya anda harus membuat batu anda terkenal, kata orang bijak, “Tak kenal maka tak sayang”

(RedaksiBB/Edal)

Baca Juga :

Dijual Hitungan Gram, Harga Bacan Nyaris Sama Harga Emas

Ini Penjual Bacan Rekomended Seller Di Kota Ambon

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top