GALLERY

Kenalilah di Sinilah Letak Pulau Bacan, Jauh dari Ambon

BERITABATU.com-Pulau Bacan, dari sinilah nama Batu Bacan diambil dan kemudian menjadi terkenal hingga sekarang. Berdasarkan Informasi yang dihimpun BERITABATU.com, Batu Bacan sejatinya tidak berasal dari Pulau Bacan. Melainkan tambangnya berada di Pulau Kasiruta, yang terletak di sebelah barat Pulau Bacan.

Namun para penambang melakukan penjualan batu tersebut di Pulau Bacan. Maka terkenallah batu tersebut, sebagai Batu Bacan. Untuk diketahui Bacan adalah nama Kecamatan yang meliputi tiga pulau, yakni Pulau Kasiruta, Pulau Mandoali, dan Pulau Bacan itu sendiri.

Kecamatan Bacan masuk dalam wilayah Kabupaten Halmahera Selatan. Kota Kecamatan Bacan berada di Pulau Bacan. Maka itu para penambang batu dari Pulau Kasiruta menjual batunya di Kota Kecamatan, sehingga terkenal menjadi batu Bacan yang membawa nama kecamatan tersebut, sekaligus membawa nama Pulau Bacan itu sendiri.

Untuk melakukan perjalanan ke Pulau Bacan, anda harus naik Pesawat menuju Halmahera. Kemudian petualangan panjang menuju Pulau Bacan dimulai.

IKLAN ANDI BERITABATU

Orang biasanya mengidentikkan Batu Bacan dengan Ambon. Padahal letaknya dari Ambon sangat jauh. Membutuhkan perjalanan laut dengan menggunakan kapal kayu satu hari satu malam. Itu pun tidak langsung ke Pulau Bacan. Karena tidak ada transportasi Ambon-Bacan, melainkan langsung ke Halmahera atau Ternate.

Tidaklah salah orang yang mengidentikkan Bacan dengan Ambon, hal ini karena dahulu wilayah Bacan masuk dalam teritori atau wilayah pemerintahan Provinsi Maluku. Namun setelah Maluku Utara dimekarkan menjadi provinsi tersendiri, maka pulau Bacan masuk wilayah pemerintahan Maluku Utara hingga saat ini.

Maka wajar masih terbersit dan identik wilayah-wilayah Maluku Utara dengan Ambon. Sebab Kota Ambon dahulu adalah kota provinsi untuk semua wilayah di Maluku Utara sebelum dimekarkan.

Letak Pulau Bacan. Dari Sinilah Batu Bacan berasal. Adapun Pulau Obi, dari sanalah batu Obi berasal. Kedua pulau ini jauh dari Ambon.

Letak Pulau Bacan. Dari Sinilah Batu Bacan berasal. Adapun Pulau Obi, dari sanalah batu Obi berasal. Kedua pulau ini jauh dari Ambon.

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top