AKIK

Kenali Batu Bacan Yang Tidak Bisa Mengkristal

BERITABATU.com— Peminat Batu Bacan sering bingung dengan cara perawatan yang tepat untuk Batu Bacan miliknya agar cepat mengkristal. Namun terkadang mereka tidak tahu bahwasanya tidak semua Batu Bacan akan menjadi bening dan krsital seperti yang di inginkan, meskipun suda merawatnya dengan berbagai macam cara perawatan yang di lakukan

Perawatan yang gagal, menjadikan Batu Bacannya retak, atau memudar warnahnya, atau bahkan hancur di tengah perawatnnya. Hal ini karena Batu Bacan yang di dapatkan Bukan Batu Bacan yang bisa merubah menjadi keristal meskipun suda di lakukan berbagai macam perawatan.

Untuk di ketahui bahwa Batau Bacan mempunya dua mineral, mineral Chrysocolla, dan mineral Chalcedony.  Biasanya mineral Chrysocolla  adalah yang kita kenali dengan warnah Hijau pada Batu Bacan. Mineral chrysocolla ini adalah mineral yang lunak, mudah retak.

ilustrasi.

ilustrasi: Bongkahan Bacan 

Sedangkan mineral Chalcedony adalah yang kita kenali dengan warnah hitam pada Batu Bacan, mineral ini adalah mineral yang keras, sehingga membuat Batu bacan mempunyai kekerasa pada skala 7 mega mohs.

IKLAN ANDI BERITABATU

Kedua mineral ini Chrysocolla, dan mineral Chalcedony (warnah hijau dan warnah hitam), jika  bersenyawa maka akan berproses menjadi Batu Bacan kristal. Biasanya berproses menjadi krsital secara alami akan memakan waktu yang lama, namun jika dengan treatmen maka bisa dalam waktu yang cepat.

Jika salah satu dari mineral itu tidak ada pada batu bacan anda, maka otomatis batu bacan anda tidak akan berproses menjadi Kristal, meskipun suda melakukan treatmen berulang-ulang kali.

Sehingga di sarankan jika hendak membeli batu bacan yang Belum kristal, maka harus melihat perpaduan antara kedua mineral itu. Artinya warnah hitam dan warnah hijaunya harus ada. Jangan melihat pada warnah hijaunya saja tanpa melihat warnah hitamnya, karena warnah hijau pada bacan akan muda retak jika tidak ada warnah hitamnya sebagai persenyawaan.

Kecuali Batu Bacan  suda kristal, karena batu bacan yang suda kristal itu bertanda suda bersenyawa antara Chrysocolla, dan mineral Chalcedony (warnah hijau dan warnah hitam), sehingga warnahnya menjadi hijau, bening dan tembus cahaya.  Persenyawaan antara kedua mineral itu bisa dengan cara teratmen, namun juga secara alami jika di pakai secara terus menerus.  (dal/BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top