NEWS

Karena Murah, Ada Yang Ingkar: Bahwa Batu Bacan Bukan Chrysocolla

BERITABATU.com—Setelah merilis artikel yang memberitakan penjualan Batu Bacan atau Chrysocolla di luar negeri hanya dengan harga Rp 36 ribu per satu bongkahan sebesar kepal tangan, mulai muncul komentar miring dari sejumlah pengunjung website.

Sebelumnya ramai-ramai orang menggunakan istilah Batu Bacan sebagai Chrysocolla, namun karena muncul harganya murah di luar negeri, maka ada orang mulai ingkar bahwa Bacan adalah Bacan, dan Bacan bukan Chrysocolla.

Ini adalah pendapat yang keliru. Yang benar, Batu Bacan itu adalah Chrysocolla. BACA JUGA: Batu Bacan Ternyata Sudah Terkenal Sejak Zaman Yunani Kuno

harga bacan

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Bacan hanya merupakan istilah di Indonesia, karena secara kebutulan batu ini ditemukan di Pulau Kasiruta, Kecamatan Bacan, maka batu ini disebut Batu Bacan.

Zat dan kandungan batu ini adalah batu Chrysocolla. Batu Chrysocolla sendiri ada bermacam-macam. Ada Green Chrysocolla, di Indonesia disebut Bacan Doko. Ada juga Blue Chrysocolla, di Indonesia disebut Bacan Palamea.

Ada juga Chrysocolla Chalcedony, biasanya banyak ditemukan di Bacan Palamea. Bacan Palamea yang sudah mengkritasl disebut sebagai Chrysocolla Chalcedony, dan ini banyak dari wilayah Peru. Kalau di Indonesia, contohnya seperti liontin milik Jefry yang menawarkan Bacan Palemuanya Rp 1,5 miliar.

BACA INI: Batu Akik Ini Ditawari Pengusaha Tiongkok Rp700 Juta, Tapi Ditolak

Ada juga Chrysocolla Blue Azurite. Ini adalah Batu Bacan yang bercampur warna biru batu akik Blue Azurite. Jenis ini juga ada di Maluku Utara. Kebanyakan ditemukan pada Bacan jenis Palamea. (BB)

BACA JUGA: Ini Ciri-Ciri Batu Bacan Berlapis Blue Azurite dan Harganya

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top