NEWS

Jika Bacan Tetap Dipertahankan Dengan Harga Tinggi, Peminat Bakal Berpindah ke Lain Batu

BERITABATU.com-Salah satu batu akik yang saat ini masih dijual di pasaran dengan harga tinggi, adalah Batu Bacan.

Meskipun harganya perlahan sudah mulai turun, khusunya di Kota Ambon, namun sebagian kalangan berpandangan, Bacan di luar Maluku masih mahal.

Hal ini akan berdampak pada Batu Bacan itu sendiri. “Jika masih tetap dijual dengan harga tinggi orang gak akan beli. Peminatnya akan berkurang.” Tandas Ary, salah satu Peminat Batu asal Pulau Jawa, kepada BERITaBATU.com, Selasa (21/4).

BATU bacan DESIGN BY. BERITABATU.com

BATU bacan DESIGN BY. BERITABATU.com

Dia mengatakan, imbasnya akan dirasakan oleh para pedagang batu itu sendiri serta penambang.

IKLAN ANDI BERITABATU

“Informasi yang saya dapatkan, para pedagang sulit menjual dagangan Batu Bacannya, sebab mereka sendiri juga menjualnya dengan harga tinggi. Bagaimana mereka tidak menjualnya dengan harga tinggi, jika mereka membeli dari penada atau reseler dengan harga tinggi.” Katanya.

Akibatnya dagangannya kurang laku. Hal ini berbeda dengan Bacan yang pertama kali muncul. Harganya masih terngkau sehingga mudah dibeli. Tapi lama kelamaan harganya semakin tinggi.

“Bacan yang sampai ke toko atau para penjual sudah dari tangan ke tangan. Batu Bacan sudah melewati banyak pebisnis. Mulai dari lokasi tambang, kemudian penada atau reseler yang menjual per kilo gram, kemudian orang yang menjualnya per satu bongkahan, kemudian penjual yang membentuknya menjadi Cincin dan dijualnya ke toko atau langsung ke pembeli. Ini prosesnya, panjang kan? Telah melewati banyak orang.” Katanya.

BACA JUGA: Hanya 2 Alasan Ini, Mengapa Batu Bacan Mahal

Ary yang juga wartawan di salah satu koran Ibu Kota Jakarta ini melanjutkan, hal ini berbeda dengan batu lain, pemiliknya langsung yang menjual, sehingga harganya terjangkau.

“Kalau terus dipertahankan seperti ini, Bacan akan tergerus, dan kita lihat saja harganya akan turun drastis, sebab tidak ada lagi peminatnya. Saya yakin banyak orang di luar sana jengkel dengan Bacan yang harganya tinggi tidak masuk akal. Sudah banyak yang pindah ke lain batu, gara-gara terlalu mahal.” Katanya. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top