HEADLINE

Ini Sejarah dan Karakteristik Ruby

BERITABATU.com-Salah satu batu mulia terkenal adalah Ruby. Warna merahnya yang kemilau nan indah membuat para pecinta batu sangat memburunya. Batu Ruby adalah batu berharga bersama dengan Zamrud, Intan, dan Safir.

Ada yang berpendapat dari segi bahasa, kata Ruby berasal dari Bahasa Yunani, Rube, yang artinya merah. Batu Ruby merupakan mineral korundum, atau dengan kata lain alumunium oksida.

Wananya merah darah, merah tua, hingga merah keunguan. Kandungan warna yang terdapat padanya karena dihasilkan oleh kromium. Kromium merupakan salah satu unsur kimia. Bentuknya adalah logam yang tahan karat.

RUBY yang dikating dan diikat dengan emas. DESIGN BY BERITABATU.com

RUBY yang dikating dan diikat dengan emas. DESIGN BY BERITABATU.com

Dari proses ini secara alami dalam tanah, bebatuan, dan goa selama ribuan tahun, maka terbentuklah batu Ruby dengan warna merah yang bermacam-macam.

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Ruby yang paling mahal adalah berwarna merah darah segar, dan terdapat dari Myanmar (dulu Burma). Beberapa negara yang memiliki tambang Ruby adalah, Thailand, Pakistan, Australia, Amerika Serikat, dan Afghanistan. Namun Ruby yang paling mahal berasal dari Myanmar.

Hal ini karena kualitas dan tingkat kekerasan batu yang baik. Ruby dari Myanmar biasanya berwarna merah darah segar, dengan tingkat transparan yang tinggi. Juga terdapat warna lainnya.

Batu Ruby telah dipakai oleh para raja dan ratu di masa silam selama ribuan tahun. Namun saat ini sudah sangat sulit mendapatkan Ruby yang asli, mengingat tingkat kejernihan dan transparannya membuat batu ini mudah dihasilkan dari hasil sintetis.

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top