AKIK

Ini Nama Batu Bacan di Zaman Mesir Kuno

BERITABATU.com—Batu Bacan mulai terkenal sekira tahun 315 sebelum masehi (SM). Pada ribuan tahun silam tersebut, batunya dikenal dengan nama Chrysocolla, dan nama ini terkenal hingga saat ini.

Dalam beberapa artikel berbahasa Inggris disebutkan, kalau Batu Chrysocolla selama ribuan tahun dikenal sebagai batu rekonsiliasi.

Ini karena kebanyakan dipakai oleh utusan para raja, untuk melakukan rekonsiliasi dalam konflik kerajaan, atau sebuah perundingan.

Adapun di Mesir Kuno, Batu Chrysocolla, dikenal sebagai “batu bijaksana”. Ini karena orang yang mengenakannya terlihat seakan-akan bijaksana, dan tampak percaya diri, karena keindahan batu yang terpancarkan.

IKLAN ANDI BERITABATU

BACA JUGA: Batu Bacan Ternyata Sudah Terkenal Sejak Zaman Yunani Kuno

Warna hijau yang keluar dari batu, membawa keindahan tersendiri bagi si pemakai. Dan akan selalu terlihat berbeda.

Anda tahu siapa Cleopatra? Ia adalah putri sang Raja Mesir Ptolemy XII. Ia disebut sebagai wanita cantik pada masanya. Dan menjadi ikon kecantikan Mesir sampai saat ini.

Disebutkan dalam beberapa catatan sejarah, bahwa perhiasan Cleopatra adalah Batu Chrysocolla atau batu Bacan di Indonesia.

Cleopatra selalu menggunakan perhiasan Batu Chrysocolla ke mana saja ia pergi. Batunya dalam bentuk cincin, kalung, juga perhiasan mahkotanya. Batu ini memang cukup terkenal di zaman Yunani Kuno, hingga Mesir Kuno.

Di luar negeri, sebagian kalangan mengatakan batu ini sebagai batu semi permata, atau batu semi mulia. Batu ini baru terkenal di Indonesia, namun sebenarnya sudah terkenal ribuan tahun silam, dan bahkan dibanderol ribuan dollar Amerika hanya untuk satu mata cincin. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top