AKIK

Ini Lima Cara Mengetahui Bacan Asli dan Palsu

BERITABATU.com-Seiring dengan makin topnya Batu Bacan serta harga jualnya yang tinggi, membuat sebagian oknum menjual Bacan Palsu. Bacan Palsu dikenal dengan istilah Bacin atau Bacan Cina.

Untuk mengetahui sebuah batu Bacan asli atau tidak, dapat dilakukan dengan 5 cara berikut ini. Dianjurkan untuk menguji satu demi satu cara tersebut, untuk memastikan kondisi Bacan, sehingga dipastikan asli ataukah palsu. Baik Bacan Doko mapun Bacan Palamea. Cara ini hanya untuk Bacan yang telah nampak mengkristal. Sebab Bacan yang belum mengkristal dapat diketahui keasliannya dengan mudah. Berikut 5 caranya.

  1. Menerawang dengan kaca pembesar. Ambil kaca pembesar letakkan di atas Batu Bacan, kemudian ambil senter kemudian senter dari arah mana saja batu tersebut. Akan nampak serat-serat Bacan meskipun Bacan tersebut telah mengkristal. Serat bacan yang terlihat menyerupai awan-awan hitam yang terpencar di dalam batu tersebut. Serat seperti ini tidak terdapat dalam batu Bacan Palsu.
  2. Gosok di handphone atau gadget layar sentuh. Hal ini untuk mengetahui Bacan palsu atau tidak. Bacan palsu kebanyakan dibuat melalui proses sintetis yang cepat. Sehingga mengandung bahan kimia yang berlebihan, kebanyakan adalah kaca. Maka layar sentuh tidak akan bisa bergerak, sebab layar sentuh tidak bisa ‘membaca’ benda di permukaannya kalau terbuat dari kaca. [catatan: percobaan ini harus dilakukan di beberapa gadget layar sentuh, sebab ada layar sentuh produk tertentu memiliki tingkat sensitifitas sentuhan yang rendah].
  3. Coba untuk meletakkan benda yang suhu panasnya 100 derajat celcius ke permukaan Batu Bacan. Misalkan bara api rokok, atau dibakar dengan korek api dalam lima detik. Maka yang terjadi adalah keluarnya uap seperti minyak, setelah dilap dengan kain atau tisu, maka uap atau minyak tersebut akan hilang, dan Batu Bacan akan tetap mengkilap seperti semula. Tidak ada perubahan warna atau bercak yang ditinggalkan akibat benda panas tersebut. Kalau hal ini dilakukan di bacan Palsu, maka akan meninggalkan bercak, dan warnanya akan berubah sedikit kusam.
  4. Batu Bacan digoreskan ke atas kaca. Jika setelah digores permukaan kaca terdapat goresan, maka Bacan tersebut adalah asli. Sebab Batu dengan tingkat kekerasan di atas 7 skala mohs mampu mengalahkan kaca. Dan rata-rata Batu Bacan yang kualitas terbaik mengandung kekerasan di atas 7 skala mohs.
  5. Ini adalah cara yang paling jitu. Adalah datangi Laboratorium Pengujian Batu yang profesional. Kemudian meminta pihak laboratorium untuk mengecek keaslian batu tersebut. Sekaligus anda bisa membuatkan sertifikatnya setelah diuji di Laboratorium. Dalam sertifikat akan dirincikan jenis batu, tingkat kekerasan, dan lainnya. Jika Batu Bacan Palsu, maka akan ketahuan secara otomatis.

BACA JUGA: Apa Perbedaan Antara Batu Akik dan Batu Mulia? Ini Tiga Argumennya

BATU Bacan Doko. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Bacan Doko Asli. DESIGN BY BERITABATU.com

Demikian lima cara sederhana mengetahui Bacan Asli. Sebagai catatan, jangan menggunakan alat diamond testers secara sendiri, jika anda bukan orang yang berpengalaman. Sebab otomatis anda tidak akan mengetahuinya dengan jelas, meskipun alat telah bekerja dengan sempurna. (*)

IKLAN ANDI BERITABATU

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top