AKIK

Ini Keutamaan Mengenakan Cincin Batu Akik di Jari Kelingking

BERITABATU.com-Di jari manakah mengenakan Cincin batu akik yang tepat? Jawabannya masing-masing punya selera sendiri.

Di balik selera masing-masing, ada salah satu keutamaan mengenakan Cincin. Yakni di Jari Kelingking.

Dikatakan memiliki keutamaan karena hal ini adalah Sunnah dalam Islam. Sebab Rasulullah saw mengenakan Cincin Batu Akik asal Habasyah di jari kelingking tangan kanannya. Ada juga riwayat yang mengatakan di jari kelingking tangan kirinya.

Dalam Pandangan Islam, seseorang yang niat kebiasannya mengikuti kebiasaan Rasulullah saw maka ia mendapatkan pahala. Jika tidak mengikutinya maka tidak mendapatkan apa-apa. Hal ini khusus dalam amalan-amalan Sunnah, atau bukan wajib.

IKLAN ANDI BERITABATU

BACA JUGA: Inilah Keunggulan Batu Marjan Dalam Al-Quran

Diriwayatkan oleh Hadits Imam Muslim dari Anas bin Malik bahwa “Rasulullah saw memakai cincin perak bermata batu Habasyah di tangan kanannya. Beliau meletakkan mata cincinnya di bagian dalam telapak tangan beliau.” (HR. Muslim, No. 5487).

Anas juga meriwayatkan: “Nabi saw memakai cincin di sini.” Dia menunjuk jari kelingking tangan kirinya. (HR. Muslim, No 5489).

Dalam Syarah Kitab Muslim yang ditulis oleh ulama terkemuka Imam An-Nawawi, mengatakan, kaum muslimin sepakat bahwa menurut sunnah dalam memakai cincin untuk laki-laki adalah di jari kelingking, adapun untuk wanita maka boleh memakai cincin pada seluruh jari-jarinya.[1]

Para ulama berkata, “Hikmah dari tempatnya di jari kelingking adalah lebih menjauhkan diri dari kesibukan tangan, karena posisinya yang berada di paling ujung, dan juga karena tidak menyibukkan tangan dari kesibukan-kesibukan yang diambil dengan tangan tersebut. [2]

Jika kita mengenakan cincin dengan tujuan mengikuti Rasulullah saw, maka kita mendapatkan pahala. Inilah inti keutamaan mengenakan cincin di jari kelingking. (BB)

[1] Lihat Kitab Syarah Sahih Muslim, Kitab Pakaian dan Perhiasan, Jilid 10, Hal. 117-119

[2] Lihat Kitab Syarah Sahih Muslim, Kitab Pakaian dan Perhiasan, Jilid 10, Hal. 117-119

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top