AKIK

Ini Dia.. Batu Asli Kabupaten Garut Rasa Bacan

BAGI Para pemula yang baru terjun ke wilaya penghobi Batu Akik, harusnya mempunyai segudang referensi agar dapat membedakan jenis-jenis batu akik di Indonesia dari berbagai daerah dengan beberapa kemiripan.

Foto : Ijo Garut

Foto : Ijo Garut

Sebagaimana Kabupaten Garut Jawa Timur, diam-diam mempunya Penghasilan Batu Akik yang hampir sama dengan Batu Bacan Halmahera. Batu yang kita kenal dengan nama asalnya yakni Batu Akik Hijau Garut atau bahasa latinnya Chrysoprase Chalcedony tersebut berasal dari kecamatan Bungbulang. Batu ini nampaknya banyak di gemari oleh para kolektor dan pengusaha batu akik. Sehingga tak heran jika di daerah tersebut banyak terdapat pengusaha dan pengrajin batu akik.

Secara kasat mata memang Batu Hijau Garut mempunyai kemiripan dengan Batu Bacan yang telah Kristal, namun setelah kita teliti, kedua batu tersebut mempunya beberapa perbedaan.

Batu Bacan cenderung mempunyai serat-serat hitam apa bila kita terawang dengan senter, tetapi Hijau Garut tidak, hanya berwarna hijau bening.

IKLAN ANDI BERITABATU

Serat hitam yang terdapat pada Batu bacan, akan dengan sendirinya berproses menjadi hijau bening, tetapi Batu hujau garut tidak, karena tidak ada serat-serat hitam padanya. Sehingga dia hanya terbentuk dengan warnah hijau yang bening, layaknya Bacan yang telah mengkristal.

Dari sinilah kita sulit membedakannya. Karena batu bacan yang telah mengkristal akan sama miripnya dengan hijau garut, kecuali bagi para gemlovers yang suda lama mengoleksi batu akik. (by:redaksiBB/Edal)

 

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top