AKIK

Ini 8 Tips Sederhana Cara Aman Belanja Batu Akik di Grup Online

BERITABATU.com-Tidak sedikit orang yang tertipu saat melakukan jual beli online batu akik. Pembeli ada yang tertipu, penjual ada juga yang tertipu. Atau bahkan ada yang kecewa, karena barang yang dikirim tidak sesuai pesanan, atau penjual telah mengirim barang karena percaya terhadap pembeli, namun pembeli tidak membayar setelah menerima barang.

Hal ini bisa membuat jual beli online kurang diminati. Seharusnya di antara pembeli dan penjual saling menjaga kepercayaan, dan terbebas dari tipu muslihat untuk saling mengelabui. Jual beli online harus tetap dijaga, dirawat, sehingga berkembang pesat dan menjadi media utama sumber rezki.

Berikut adalah tips cara jual beli aman yang dilakukan menggunakan media grup facebook. Tips ini khusus untuk pembeli:

  1. Sebelum melakukan pembelian batu akik pelajari terlebih dahulu riwayat grup yang sedang anda bergabung. Lihat riwayat percakapan jual beli yang dilakukan di grup tersebut, maka anda akan mengetahui siapa yang kecewa, siapa yang tertipu, atau grup tersebut layak mendapat rekomendasi oleh karena kebanyakan anggotanya jujur. Adapun jika menemukan akun yang menipu atau melakukan jual beli dengan tidak sehat, maka anda bisa diblack listnya.
  2. Jika ada penjualan yang dilakukan oleh seseorang di grup facebook, jangan langsung tergesah-gesah untuk mengajukan penawaran. Langkah yang harus dilakukan adalah buka akun facebook miliknya, lihat aktifitas akun facebooknya dari hari ke hari, bulan ke bulan, atau bila perlu lihat percakapan aktifitasnya setahun yang lalu. Supaya ada referensi bagi anda tentang orang tersebut.
  3. Waspadai akun facebook yang baru dibuat. Karena biasanya penipu selalu menggunakan akun baru dan mengganti-ganti akun facebooknya. Akun facebook penipu biasanya kurang ada aktifitas layaknya kebanyakan orang yang selalu ganti status, ganti foto profil, berbagi link dan lainnya, karena tujuan utama penggunaan facebooknya adalah untuk aktifitas penipuan yang dia lakukan. Anjuran ini tentu di luar konteks akun facebook yang dibanned facebook, sehingga ia membuka akun facebook yang baru.
  4. Gunakan situs jual beli atau grup facebook jual beli batu akik yang menggunakan rekening bersama (rekber), dengan terlebih dahulu melihat riwayat aktifitas jual beli yang dilakukan di situs ata grup facebook tersebut. Supaya anda mendapatkan gambaran tentang tingkat kenyamanan jual beli di grup yang anda ingin bergabung melakkan jual-beli.
  5. Jika ada yang menampakkan kejujuran dengan mengirimkan KTP, SIM, Nomor HP, Pin BBM, dan anda belum meyakininya karena baru pertama kali melakukan jual beli dengannya, maka langkah yang harus dilakukan adalah anda mempelajari akun facebook miliknya, cari informasi tentang namanya, ketik namanya di google search, alat perayap google telah masuk di facebook, sehingga mudah diketahui. Sebab biasanya orang yang pernah tertipu akan menuliskan kisahnya di internet tentang orang yang menipu.
  6. Jika penjualnya di kota lain, dan anda memiliki kerabat atau kenalan, teman, maka meminta tolong kepada temanmu untuk menemui penjual sebelum melakukan transaksi, supaya identitas dan lokasi tempat tinggalnya diketahui dengan jelas dan menambah keyakinan serta kemantapan hati untuk bertransaksi.
  7. Minta tolong kepada penjual supaya foto batu akiknya dari segala arah. Foto saat batu di dalam rumah, dan foto batu akiknya di luar rumah. Hal ini karena pencahayaan kamera serta lingkungan biasanya mempengaruhi warna batu akik saat difoto. Juga jangan lupa, fotolah btu akik saat batu disenter untuk mengetahui tingkat transparansinya. Tidak sedikit orang yang kecewa dengan warna saat barang diterima.
  8. Meminta tolong kepada penjual supaya foto batu akiknya dengan benda yang umum diketahui. Misalkan foto batu akiknya bersamaan dengan koin 500 rupiah, atau dengan bungkus rokok, atau dengan korek api. Hal ini supaya batu akik yang hendak dibeli dapat diketahui gambaran ukurannya.

Demikian 8 tips singkat. Jika ada yang mau menambahkan, silahkan berikan sarannya dalam kolom komentar di bawah ini, demi kemajuan jual beli batu akik secara online.

IKLAN ANDI BERITABATU

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top