HARGA

Ini 7 Batu Akik Termahal di Indonesia, Rp 1 Miliar Sampai Rp 20 Miliar

BERITABATU.com—Tren batu akik yang melanda Indonesia, membuat banyak penggemar batu dan pebisnis batu mematok harga batunya dengan nilai tinggi.

Angka puluhan juta oleh sebuah batu akik, tidak lagi membuat penggemar batu kaget. Saat ini para pemilik batu mematok harga batunya sudah mulai pada ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Berikut BERITABATU.com memberikan daftar batu akik asal Indonesia dari berbagai wilayah yang dipatok dengan harga tinggi.

  1. Batu Akik Bergambar Naga Rp 20 Miliar (Asal Aceh)
BATU akik bergambar naga. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik bergambar naga. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu ini dimiliki oleh seseorang bernama Darnuzi yang berasal dari wilayah Suka makmue, Nagan Raya, Aceh.

IKLAN ANDI BERITABATU

Ia mematok batu bermotif naga tersebut dengan harga Rp 20 miliar. Disebutkan sudah ada yang menawarnya sebesar Rp 3 miliar, tapi ia menolak. Dan hendak menjualnya dengan harga Rp 20 miliar. Batunya masuk dalam kategory batu Chalcedon. Ia menemukannya di Aceh.

  1. Batu Akik Sigori Lafau Rp 15 Miliar (Asal Nias)
BATU

BATU Akik Sigori Lafau. DESIGN BY BERITABATU.com

Pemilik batu akik ini adalah Karsani Aulia Polem. Ia merupakan warga, Desa Mudik, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Batu miliknya ia beri harga Rp 15 miliar. Kata dia, sudah pernah ada yang menawarkan batunya dengan nilai Rp 1,2 miliar, namun dia menolak. Ia akan melepaskannya jika sesuai dengan harga yang dipatok Rp 15 miliar.

Kenunikan batu ini diklaim oleh Karsani Aulia Polem bahwa batunya mengandung berlian, butiran emas dan perak. Berat batunya 4 gram, dengan panjang 6 cm, lebar 3 cm, tebal 0,5 cm.

  1. Batu Akik Bergambar Nyih Roro Kidul Rp 5 miliar (asal Wonosobo)
BATU akik bergambar Nyih Roro Kidul. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik bergambar Nyih Roro Kidul. DESIGN BY BERITABATU.com

Pemilik batu akik ini bernama Krisna, warga Wonosbo. Batu ini juga berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah.

Sekilas batu ini memiliki gambar yang sama dengan lukisan Nyih Roro Kidul. Sekilas info; Nyih Roro Kidul merupakan tokoh yang diceritakan dari mulut ke mulut sebagai Ratu Pantai Selatan atau penguasa Pantai Selatan. Namun cerita ini hayalan belaka atau mitos yang tidak benar. Dan Ratu Pantai Selatan tidak pernah ada. Kalau jin dan setan memang ada. Penguasa Pantai Selatan adalah Allah SWT.

  1. Batu Bacan Palamea Rp 1,5 miliar (asal Maluku Utara)
BATU akik Bacan Palamea miliki Jefry yang ditawari Rp 700 juta. Ia bersedia menjualnya dengan Harga Rp1,5 miliar. FOTO DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik Bacan Palamea milik Jefry yang ditawari Rp 700 juta. Ia bersedia menjualnya dengan Harga Rp1,5 miliar. FOTO DESIGN BY BERITABATU.com

Batu Bacan Palamea berbentuk liontin ini dimiliki oleh warga Maluku Utara bernama Jefry. Ia mematok harga batu miliknya sebesar Rp 1,5 miliar.

Batu akik miliknya tidak memiliki keunikan gambar, melainkan letak keunggulannya berada pada kualitas Kristal dan umur batu tersebut, yang menurutnya telah disimpan selama 20 tahun lalu.

  1. Batu Akik Bergambar Harimau Rp 1,5 miliar (Mandaling, Sumatera Utara)
BATU akik bergambar Harimau. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik bergambar Harimau. DESIGN BY BERITABATU.com

Pemilik batu ini adalah seorang warga pada Kelurahan Dalan Lidang, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal atau Madina, Provinsi Sumatera Utara, yang bernama A. Harahap.

Batu ini milik keluarga yang diwariskan dari kakeknya. Usia batu ini diperkirakan sudah puluhan tahun. Batu ini berjenis Chalcedony dengan gambar menyerupai kepala Harimau di dalam batu. Oleh Harap ia mematok harga sebesar Rp 1,5 miliar.

  1. Batu Akik Berlafadz Allah, Rp 1 Miliar (Siantar Sumatera Utara)
BATU akik berlafadz Allah. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik berlafadz Allah. DESIGN BY BERITABATU.com

Pemilik batu ini bernama Armaya Natsir Siregar. Warga Pematang Siantar, Provinsi Sumatera Utara.

Armaya merupakan kolektor batu. Ia memiliki banyak batu akik. Salah satu yang special baginya adalah batu akik berlafadz Allah. Ia hendak menjualnya dengan harga Rp 1 Miliar. Sempat ada yang menawar Rp 200 juta, tapi ditolak.

  1. Batu Akik Bergambar Kepala Banteng, Rp 1 Miliar (Jakarta)
BATU akik bergambar kepala banteng. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik bergambar kepala banteng. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu ini milik Agung Setiawan, yang mengikuti pameran batu Akik di Kementerian Perindustrian beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Ini 7 Cara Membuat Batu Akik Anda Supaya Dijual Miliaran Rupiah

Batu miliknya masuk dalam category Chalcedony. Keunikan yang terdapat di dalamnya adalah terdapat gambar mirip kepala Banteng. Ia membaderol harganya Rp 1 miliar. Menteri Perdagangan Salih Husein menyempatkan diri untuk mengenakan batu tersebut saat melewati lapak milik Agung. Ini merupakan batu yang paling mahal dalam pameran tersebut.

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top