AKIK

Ini 10 Batu Akik Yang Masuk Polling Berikutnya

BERITABATU.com-Polling berikutnya yang akan digelar mulai malam ini pukul 20.00 menghadirkan 10 (sepuluh) batu akik khas Indonesia. Batu yang berasal dari Sumatera sampai Papua.

Sepuluh jenis batu ini masuk kategory Chalcedony, berikut ciri khas batu masing-masing dan wilayah asalnya. Penomoran batu akik di bawah ini berdasarkan abjad. Sepuluh batu itu antara lain adalah:

1. Bio Solar

BATU Bio Solar. DESIGN BY BERIBATAU.com

BATU Bio Solar. DESIGN BY BERIBATAU.com

Batu Bio Solar yang paling terkenal berasal dari wilayah Aceh dan Bengkulu. Batu ini memiliki keunikan tersendiri dengan warnanya yang memiliki ciri khas layaknya warna bahan bakar solar kehijauan. Batu Bio Solar sangat digandrungi di Aceh dan Bengkulu daerah asalnya.

IKLAN ANDI BERITABATU

Harga per bongkahan mulai dari 100 ribu sampai 1 juta rupiah, tergantung besar dan tingkat trasnparannya. Adapun harga pasaran mata cincin saat ini, berkisar antara Rp 100 ribu sampai 300 ribu dengan ukuran standar. Adapun ukuran besar dengan kualitas terbaik bisa mencapai Rp 2 juta sampai 5 juta.

2.  Cempaka

BATU Cempaka. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Cempaka. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu Akik Cempaka juga masuk dalam kategori Chalcedony sama halnya dengan batu Bio Solar. Batu Cempaka banyak ditemukan di Aceh, Bengkulu, juga di wilayah Pacitan Jawa Timur tidak kalah terkenalnya.

Batu ini memiliki banyak varian warna. Namun warna yang paling terkenal dan tren adalah kuning keemasan, atau batu Cempaka Madu. Harga satu mata cincin di pasaran berkisar antara Rp 100 ribu sampai 300 ribu. Ini harga untuk ukuran dan kualitas standar. Ada juga yang harganya mencapai Rp 1 juta sampai 2 juta.

3. Hijau Garut

hijau garut

BATU Hijau Garut. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu Akik Hijau Garut berasal dari Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Batu ini nyaris memiliki kesamaan dengan Batu Bacan super. Hanya saja batu ini mudah dikenal karena masuk dalam jenis Chalcedony. Adapun Bacan masuk kategory Chrysocolla, dan keduanya memiliki kandungan batu yang berbeda. Batu ini disebut di luar negeri dengan nama Green Chalcedony.

Harga per satu bongkahan mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta. Besaran harganya dipengaruhi oleh kualitas dan besar bongkahan. Adapun harga satu mata cincin dengan ukuran standar berkisar antara, Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta. Ada juga harga yang mencapai Rp 2 juta hingga Rp 5 juta.

4. Lavender

BATU Lavender. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Lavender. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu akik Lavender berasal dari Baturaja, Ibukota Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Batu ini dinamakan sebagai Lavender karena memiliki warna yang menyerupai bunga Lavender yakni ungu. Di Baturaja ada juga namanya Biru Lavender. Kedua batu ini merupakan jenis Chalcedony.

Harga Batu Lavender di pasaran mulai Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu. Ini untuk ukuran standar mata cincin. Adapun yang memiliki kualitas terbaik danwarna lebih memukau dan tingkat trnasparan tinggi, dihargai hingga Rp 1 juta. Bahkan ada para kolektor yang mematok harganya ratusan juta rupiah. Harga bongkahan saat ini juga berfariasi, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 1 juta.

5. Merah Obi

merah obi

BATU Merah Obi. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu Merah Obi, berasal dari Pulau Obi, Provinsi Maluku Utara. Terkadang orang menyebutnya sebagai Bacan Obi. Padahal batu ini berjenis Chalcedony sedangkan Bacan berjenis Chrysocolla. Kandungan batu yang terdapat di dalam kedua jenis batu ini berbeda.

Batu Obi lebih mirip Red Rafflesia. Kedua batu ini sebenarnya sama, mulai dari jenis, kandungan batu, tingkat kekerasan. Hanya saja lain wilayah lain nama. Harga Batu Merah Obi mulai Rp 500 ribu sampai 2,5 juta. Ada juga yang mematok harga hingga Rp 15 juta.

Adapun harga bongkahannya bervariasi, mulai Rp 100 ribu sampai 1 juta, tergantung kualitas transparan dan ukuran batu. (SELENGKAPNYA BACA: Mengenal Batu Obi dari Maluku Utara).

6. Naga Sui

BATU Klawing Naga Sui. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Klawing Naga Sui. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu ini berasal dari daerah Sungai Lukulo Kabupaten Kebumen. Namun ada juga yang menyebutkan batu ini berasal dari Sungai Klawing Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Keunikan yang terdapat dalam batu ini adalah bintik-bintik merah, yang terdapat dalam permukaan batunya yang berwarnah hijau. (SELENGKAPNYA BACA: Batu Klawing Ini Yang Sedang Diburu Pecinta Batu)

Harga batu Klawing Naga Sui saat ini antara Rp 200 ribu sampai Rp 1 juta. Sedangkan yang berkualitas terbaik dihargai hingga puluhan juta rupiah. Harga Bongkahannya mulai Rp 100 ribu sampai Rp 300 ribu, juga sampai Rp 1 juta, tergantung besar kecilnya bongkahan dan kualitasnya.

7. Pandan

PANDAN Merah. DESIGN BY BERITABATU.com.

PANDAN Merah. DESIGN BY BERITABATU.com.

Ada berbagai jenis Pandan yang beredar di masyarakat. Di antaranya, Pandan Nanas, Pandan Merah, Pandan Kapas, Pandan Biru, Pandan Suji, dan lainnya. Tapi, hanya satu yang sangat diburu orang. Yaitu Pandan Suji atau dengan istilah lain Pandan Hijau.

Batu Pandan berasal dari Sungai Ciliwung yang melintasi wilayah Jakarta. Ini adalah sungai terbesar di Jakarta. Kisaran harga Batu Pandan bervariasi tergantung keunikan dan kristal dari batu tersebut. Kisarannya antara Rp 300 ribu sampai jutaan rupiah. Adapun harga bongkahan Rp 100 ribu sampai jutaan. (SELENGKAPNYA BACA: Semakin Langka, Pandan Betawi Jadi Incaran)

8. Red Borneo

RED Borneo. DESIGN BY BERITABATU.com

RED Borneo. DESIGN BY BERITABATU.com

Salah satu batu akik yang lagi tren adalah Red Borneo dari Kalimantan. Ciri khas batunya adalah warna merah jambu yang memukau. Ada juga warna merah tua, merah muda, dan merah pucat. Batu ini masuk dalam kategori Chalcedony, dengan karakteristik yang unik.

Jenis bebatuan ini berasal dari dua desa di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Yakni Desa Kiram dan Desa Bunglai. Di pasaran, yang memiliki kualitas rendah, dibanderol Rp 250 ribu sampai 300 ribu. Adapun kualitas terbaik, dengan warna merah jambu yang memukau dijual dengan harga puluhan juta rupiah. (SELENGKAPNYA BACA: Red Borneo, Cantiknya ‘Si Pink’ dari Kalimantan)

9. Siklop Papua

BATU Syclops. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Syclops. DESIGN BY BERITABATU.com

Adapun di Papua atau Irian Jaya, kini muncul batu yang sangat artistik. Yaitu batu Cyslops, atau biasa disebut juga Siklop. Batu ini memiliki warna beragam. Mulai dari Hijau, Biru Muda, Biru Tua, Merah, Orange, Kuning, dan berbagai jenis varian warna lainnya.

Batu ini banyak ditemukan di pegunungan Siklop di Jayapura. Jenis bongkahannya banyak ditemukan berbentuk bulat seperti kelereng. Ada ukuran yang persis seperti kelereng, ada juga ukuran yang agak besar dari kelereng.

Harga di pasaran saat ini per satu bongkahan mulai dari Rp 100 ribu sampai 300 ribu, ini karena bongkahannya kecil seperti kelereng. Harga satu cincinnya berkisar antara Rp 200 ribu sampai R 1 juta. (SELENGKAPNYA BACA: Mengenal Batu Cyslops dari Jayapura, Warna-Warni yang Memukau)

10. Sungai Dareh

sungai dareh

BATU Sungai Dareh. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu Akik Sungai dareh, berasal dari Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Batu ini memiliki warna yang unik, yakni hijau muda dengan serat keputihan dan serat hijau tua.

Batu ini juga biasa disebut sebagai Batu Giok Kandi. Selain itu juga biasanya disebut dengan nama Batu Lumut, Batu Lumuik, bahkan juga disebut sebagai Giok Sumatera. Harganya cukup mahal di pasaran. Untuk satu mata cincin ukuran standar, dihargai mulai Rp 200 ribu sampai 500 ribu.

Sedangkan kualitas terbaik dengan tingkat transparan yang tinggi, serta ukuran besar dihargai mulai Rp 1 juta sampai 15 juta. Bahkan ada yang mematok harga puluhan juta rupiah. Adapun harga bongkahannya mulai Rp 100 ribu sampai jutaan rupiah.

Demikian yang dapat dijelaskan. Polling 10 batu akik ini Insya Allah akan dibuka pada pukul 20.oo WIB malam ini (2/5). Pilih batu kesukaan anda nantinya. Dan mari kita ramaikan tren batu akik. Silahkan naikkan rating batu pilihan anda. Pembentukan opini dan isu berada di ujung jari anda saat anda vote batu akik kesukaan anda.

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top