AKIK

Bukan Berasal dari Maluku, Tapi Mengapa Orang Selalu Hubungkan Batu Bacan dengan Ambon

Batu Bacan. Ilustrasi.

Batu Bacan. Ilustrasi.

BERITABATU.com–Ada salah satu fenomena yang berbeda dengan Batu Bacan. Sesungguhnya batu Bacan tidak berasal dari Kota Ambon, atau Pulau Ambon. Tapi orang selalu menghubungkan batu Bacan dengan Ambon.

Kota Ambon letaknya di Provinsi Maluku, sedangkan Pulau Bacan letaknya di Provinsi Maluku Utara. Otomatis Batu Bacan tidak berasal dari Ambon, melainkan dari Maluku Utara. Ibu Kota Provinsi Maluku Utara berbeda dengan Ibu Kota Provinsi Maluku.

Tapi orang selalu hubungkan batu Bacan dengan Ambon. Tanya kenapa? Sedikitnya ada 4 alasan yang mendasari pertanyaan ini, berikut ulasannya:

1. Karena Maluku Utara dulunya sebalum dimekarkan pernah berada di bawah Provinsi Maluku. Maka secara otomatis Pulau Bacan juga masuk wilayah pemerintahan Provinsi Maluku. Sehingga orang menganggap bahwa Bacan juga berasal dari Maluku, yakni Kota Ambon Manise.

IKLAN ANDI BERITABATU

2. Masih terbangun perspekstif masyarakat bahwa Maluku Utara dan Maluku adalah satu. Hal ini karena memang dahulunya satu, yaitu Provinsi Maluku saja. (Lihat kembali ulasan nomor satu).

3. Masyarakat Maluku Utara memiliki kebiasaan memasarkan hasil-hasil tambang, khusus yang unik ke Kota Ambon. Maka banjirlah Batu Bacan di Kota Ambon, sehingga terbangun konotasi bahwa Batu Bacan berasal dari Ambon. Hal ini sama dengan fenomenas besi putih. Besi Putih itu berasal dari Provinsi Maluku Utara, tapi tujuan dagang pedagang besi putih selalu di Kota Ambon, sebab minatnya lebih banyak dari Maluku Utara. Maka terkenallah besi putih itu dari Ambon. Padahal tidak ada tambangnya di Ambon dan seluruh kepulauannya.

BACA JUGA: Tidak Ada yang Namanya Batu Bacan Obi, Jangan Salah Ucap

4. Maluku dan Maluku Utara adalah satu rumpun, yakni rumpun Maluku, yang berasal dari Melanesia. Maka masyarakat tetap berpesktif bahwa Maluku dan Maluku Utara sama saja. Keduanya sama-sama Maluku. Sehingga dihubungkanlah Batu Bacan dengan Ambon, karena Kota yang terkenal di Maluku adalah Ambon. (*)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top