NEWS

Begini Penampakan Pemburu Batu Akik di Luar Negeri

Para Penambang Batu Akik di Nigeria. Sumber foto: gemstone dot org

BERITABATU.COM—Tren batu akik, bukan tren yang berskala lokal ataupun nasional semata. Tapi tren batu akik, adalah tren bersifat internasional. Tren yang juga mampu melintasi negara dan sejarah serta masih terus diminati hingga sekarang.

Aksesoris-aksesoris yang lain, mungkin telah mati bersama waktu. Namun untuk aksesoris yang satu ini, lihat saja sendiri. Meski dengan tingkat peminat yang kadang fluktuasi alias naik turun. Tetapi tak pernah usang di telan waktu.

Berbicara soal batu akik dalam lintasan sejarah dan negara, maka kita tidak bias lepas pisahkan Negara yang satu ini dengan batu akik, adalah Nigeria.

Spessartite-Nigeria

Batu asal Nigeria

Negara yang terdapat di benua Afrika ini, terbukti menjadi Negara yang paling mewarnai dunia akik dalam lintas internasional. Kurang lebih selama dua dekade terakhir. Dan sampai saat ini masih terus mendominasi.

IKLAN ANDI BERITABATU

Pertambangan batu akik di Nigeria sendiri cenderung berjalan secara tidak teratur. Dan kebanyakan, didominasi oleh para penambang kecil.

Meski Nigeria menjadi Negara penyumbang yang cukup besar dalam dunia batu akik, proses penambangan tidak jauh berbeda dengan di Negara lain, khususnya Indonesia.

Para penambang kecil yang berasal dari berbagai daera, biasanya akan datang ke lokasi penambang dan mencari akik untuk dijual di kota-kota terdekat.

Namun, rupanya Nigeria akan terus mendominasi penyuplai batu mulia itu ke dunia internasional. Hal ini disebabkan beberapa alasan :

  1. Pemerintah baru Nigeria berencana untuk menyediakan investasi dalam pengadaan sektor studi batu akik. Dan juga akan membuat para penambang agar bekerja lebih efisien. Di Indonesia tentu tidak seperti ini.
  2. Intervensi pemerintah tersebut akan berpengaruh kepada eksport agar lebih terorganisir jika dibandingkan dengan kemarin yang terbilang amburadul.
  3. Pada empat belas bulan kemarin, ditemukan kembali di Gunung Mambila, daerah penghasil batu Safir terbesar. Lokasinya berbatasan dengan Kameron.
  4. Selain itu, ditemukan juga tambang batu Turmalin di kota tua, Ile-ife, Selatan Nigeria. Daerah tersebut juga dikenal sebagai taman batu akik.

Nigeria, rupanya akan tetap menjadi primadona bagi pemburu batu akik. (Diolah dari Gemstone.org)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top