AKIK

Batu Sungai Klawing Purbalingga jawa Tengah, Panca Warnah Yang Bernuansa Mistik

BERITABATU.com—Wilaya Sungai Klawing Kabupaten Purbalingga Jawa tengah, ternyata suda lama menjadi ajang penilitian Badan Arkelogi, selain terdapat bebatuan akik, juga di temukannya peninggalan-peninggalan prasejarah yang terbuat dari bebatuan sungai klawing ini. artefak-artefak tersebut ada yang berupa kapak, ada juga yang berbentuk asesoris seperti gelang. Menurut Badan Arkelogi setempat, artefak-artefak tersebut merupakan peninggalan manusia-manusia yang hidup pada masa lampau dengan menggunakan peralatan seadanya.

Foto : www.jatibening.com.

Foto : www.jatibening.com.

 

Foto : new.detik.com

 

 

Di sekitar hilir sungai Klawing purbalingga  ini terdapat  batu-batu jenis Jasper, ada yang jasper hijau, jasper merah, dan juga jasper panca warnah yang merupakan batu yang paling di incar dengan nilai jual yang tinggi.  Gambar yang bernuansa mistik pada panca warnah sungai klawing ini bisa di hargai dengan mobil panther. sebagaimana kita ketahui bersama, Batu yang paling termahal di diantara batu-batu akik adalah batu bermotif gambar.

tingkat kekerasan pada batu ini, berada pada 4 skala mega mohs, warnah yang paling dominan pada batu ini adalah warnah hijau, yang merupakan hijau kalsedon karena terbukti  tembus cahaya. kemudian di berangi dengan bercak-bercak warnah merah layaknya darah segar, di tambah dengan warnah kuning yang nantinya membentuk motif-motif yang bernuansa mistik sehingga akan membuat batu panca warnah ini mempunyai nilai jual yang tinggi.

jika masi dalam bentuk bongkahan, kita akan sulit melihat warnah apa yang akan di jadikan motif gambar, namun jika suda di potong atau di belah, maka akan menemukan motif-motif gambar yang di bentuk dari warnah merah dan warnah kuning sehinga dengan mudah kita bisa mengambil patokan bagian mana yang kita jadikan cincin atau liontin.

IKLAN ANDI BERITABATU

(redBB/Edal)

Komentar Gan

comments

1 Comment
To Top