AKIK MALUKU

Batu Seram Menjadi Primadona Di Kota Ambon, Bacan Tersingkir

BERITABATU.com— Beragam Jenis Batu Seram provinsi Maluku terus di temukan para penambang di Seram Bagian Barat tepanya di Desa Luhu,   performen dengan kekrisatalannya yang Natural, membuat pamoritas batu Bacan menurun di Kota Ambon-Maluku khusunya.

Varian Batu Seram Maluku ini, belum sempat di eksplorasi ke luar-luar wilaya maluku, namun aromanya telah berhembus hingga ke mancanegara. di pasar-pasar penjualan batu akik di kota ambon khusunya, banyak turis-turis asing yang datang berkunjung ke kota ambon selain untuk berwisata, mereka juga membawa pulang batu akik seram ini sebagai oleh-oleh,  sehingga para pengamat dari kalangan gem-lovers mengkhawatirkan, Batu Seram ini kelak akan menggantikan posisi Batu Bacan yang tengah menjadi primadona sekarang.

foto : Beritabatu.com

 

foto : Beritabatu.com

 

Foto : Beritabatu.com

 

foto : Beritabatu.com

 

 

Foto : beritabatu.com

 

Sebagaimana batu akik asal daerah lainnya, batu akik seram ini juga telah di sertifikasi dan mendapat pengakuan internasioanl. Oleh karena Pamor Batu seram ini mulai muncul ke permukaan, kini pemerintah setempat bekerja sama dengan dinas Sumbera daya Alam dan Energi, telah melakukan peraturan-peraturan yang terkait dengan penambangan secara ilegal

Kisaran Harga untuk batu Seram yang masuk dalam kategori batu Mulia  adalah 5 Juta / kilonya yang masi dalam bentuk Bongkahan,  jika suda terbentuk cincin, maka kisarannya bisa mencapai 5 hingga 15 Juta / mata cincin.  namun yang masi banyak beredar di pasaran kota Ambon hanyalah Batu Seram yang bukan masuk dalam kategori batu Mulia, sehingga kita bisa mendapatkan dengan harga yang murah, Karena  Batu Seram Jenis Batu mulia  ini belum di tambang secara besar-besaran.

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Akik Seram ini juga pernah mewakili Provinsi Maluku Dalam cara Pameran batu Akik Nasional di Jakarta beberapa bulan lalu, dan  sempat di berikan kepada Jokowi dan Jusuf Kala serta beberapa menteri yang turut hadir pada saat itu sebagai cendera mata oleh Gubernur maluku sendiri. selain itu Wali kota Ambon juga sempat mempromosikan Batu Akik Seram ini kepada 33 Gubernur yang hadir pada saat acara APPSI yang di selenggerakan di kota Ambon beberapa waktu lalu. (redBB/Edal)

Baca Juga : http: Batu Akik Green Opal, Si Hijau Bening Dari Timur 

Baca Juga : temuan terbaru  Batu Blue Opal Asal seram Bagian Barat Maluku

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top