Ensiklopedia Batu Akik

Batu Red Jasper

Nama                    : Batu Red Jasper

Nama Lain             : Ati Ayam

Asal Daerah          : Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat

Ciri-Ciri

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Red Jasper memiliki warna merah seperti tanah liat. Ada juga yang memiliki warna merah mengkilap. Namun jarang ditemukan. Batu Red Jasper tidak tembus cahaya apabila disenter.

Apabila dibentuk menjadi liontin dan cincin, batunya sangat memukau. Permukaannya mengkilap atau body glas. Hal ini karena dipengaruhi oleh tingkat kepadatan batu dan kekerasannya.

Asal Usul Penamaan Batu dan Sebaran

Batu Red Jasper dikenal di Indonesia dengan nama Ati Ayam. Hal ini karena warna dan motifnya yang mirip dengan hati ayam. Adapun nama Red Jasper merupakan nama yang universal yang sering digunakan oleh para pengrajin batu akik di seluruh dunia.

Sebaran batu Red Jasper atau Ati Ayam yang paling terkenal adalah di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Batunya bisa ditemukan di wilayah persawahan, dan yang paling banyak adalah tersebar di wilayah Sungai Cimedang.

Oleh pemerintah setempat, wilayah Sungai Cimedang dijadikan sebagai taman yang diberinama Geopark Jasper Tasikmalaya. Bebatuan Jasper dengan beragam ukuran raksasa bisa dilihat di taman ini. Pemerintah setempat telah melarang warga untuk melakukan penambangan bebatuan tersebut.

Batu Jasper atau Ati Ayam juga bisa ditemukan di wilayah lain di Indonesia. Namun dalam jumlah yang kecil. Tidak sama dengan wilayah Tasiklamaya.

BONGKAHAN Batu Jasper. FORO BERITABATU.com

BONGKAHAN Batu Jasper. FOTO BERITABATU.com

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top