Ensiklopedia Batu Akik

Batu Pancawarna Garut

Nama                    : Batu Pancawarna Garut

Nama Lain             : Jasper

Asal                       : Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat

Ciri-ciri

IKLAN ANDI BERITABATU

Batunya ada yang tembus cahaya, namun yang lebih banyak tidak tembus cahaya. Batu ini memiliki paduan warna yang beragam dalam satu bongkahan. Warnanya bisa lebih dari lima. Yakni, hijau, merah, kuning, coklat, hitam, dan lainnya.

Asal-usul Penamaan

Pancawarna Garut masuk kategori batu Jasper. Sedangkan batu ini menghasilkan sedikitnya lima warna, dan ada yang lebih daripada itu. Namun yang umum dikenal, batu ini memiliki lima warna. Maka disebutlah batu Pancawarna atau lima warna. Dari sinilah asal usul penamaan batu tersebut dikenal luas mayarakat.

Batu Pancawarna yang paling terkenal adalah dari daerah Garut. Ada beberapa varian Pancawarna yang dikenal di masyarakat Garut. Yaitu Pancawarna Edong, Pancawarna Darson, Pancawarna Erwan dan Pancawarna Ciangel.

Pancawarna Darson ditemukan oleh seorang bernama Darsono. Nama orang ini kemudian menjadi cikal bakan nama batu ini. Begitu juga dengan Pancawarna Edong yang ditemukan oleh seorang petani setempat bernama Edong.

Yang membedakan penamaan bebatuan ini adalah motif yang terdapat di masing-masing batu. Di antara empat jenis Pancawarna Garut tersebut yang paling dicari adalah Pancawarna Darson dan juga Edong. Hal ini karena kualitas batu dan warna dari kedua jenis tersebut.

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top