AKIK MALUKU

Batu Kembang Johar Dan Batu Yellow Opal Seram, Mirip Tapi Tak Sama

BERITABATU.Com— Batu Mulia seram Maluku dan Batu Mulia Kembang Johar Asal daerah Cirebon mempunyai kesamaan  pada warnah yang kuning layaknya kuning telur. Namun ada pebedaan di sini, yakni kandungan pada kedua jenis batu ini.

Kembang Johar Cirebon

Batu Kembang Johar Cirebon, termasuk jenis batu kalsedon, bentuknya kriptokristalin dari  silika, terdiri dari mineral kuarsa dan moganit yang saling bertumpuk. Kuarsa dan moganit merupakan mineral silika, namun kuarsa memiliki struktur trigonal sedangkan moganit bersifat monoklinik. Struktur kimia dari chalcedony adalah SiO2.

Yellow Opal Seram Maluku

Penamaan Pada Batu Kembang Johar di ambil dari salah satu jenis bunga yang berwarnah kuning persis dengan warnah batu Johar ini. Kelebihan pada batu kembang johar ini adalah pada tingkat kekeeasannya yakni berada pada 7 skala mohs.

Sedangkan batu Yellow Opal Seram Maluku, adalah termasuk dari jenis batu opal yang mana  bentuk amorfis dari silika yang berkaitan dengan quarsa (bentuk mineraloid-nya, bukan mineral). 3% hingga 21% dari berat keseluruhannya berupa air, namun biasanya isinya antara 6% hingga 10%. Opal terbentuk pada suhu yang relatif rendah dan ada di retakan setiap jenis batuan, umumnya ditemukan bersama limonit, batu pasir riolit, marl dan basal. 

IKLAN ANDI BERITABATU

Penamaan pada batu Yellow Opal Seram Maluku ini berdasarka warnahnya “Yellow” yang artinya kuning, dan nama Opal di ambil dari jenis kandungannya.

Kelemahan batu Yellow Opal Seram Maluku ini, ada pada tingkat kekerasannya, sebagaimana kita ketahui bahwa jenis batu opal mempunyai tingkat kekerasan pada skala 4 -5 mohs. Namun kelebihannya lebih bening dari dan mengkilap dari pada batu Kembang Johar.

Harga pada kedua batu ini hampir sama, yakni berada pada kisaran 1,5 juta – 2 juta rupiah/ mata cincin. Dan Kedua jenis batu ini termasuk batu yang lanka.  (redaksiBB/Edal)

Kunjungi Artikel Terkait :

Trend Batu Akik Menurun, Harga Batu Akik Tidak Menurun

Inilah Batu Akik Yang Akan Bertahan Dengan Harga Yang Fantastic

Apa Perbedaan Batu Akik, Batu Mulia, dan Batu Permata?

Komentar Gan

comments

2 Comments
To Top