NEWS

Batu Kalimaya Sintetis dari Korea Banjiri Indonesia, Ini Penampakannya

BERITABATU.com—Tren batu akik di Indonesia membuat Negara-negara Asia seperti Korea Selatan, langsung membanjiri Indonesia dengan beragam batu akik imitasi alias sintetis.

Salah satu yang diekspor ke Indonesia adalah batu Kalimaya. Ada juga beragam batu akik lainnya, akan diberitakan secara berkala.

Batu Kalimaya sepintas terlihat seperti asli. Anda bisa melihat foto di bawah ini. Foto ini merupakan batu Kalimaya atau Black Oval, yang berasal dari Korea.

Batu Kalimaya Sintetis yang dijual Dika Pratama.

Batu Kalimaya Sintetis yang dijual Dika Pratama.

Bebatuan ini telah dijual ramai di Indonesia, dengan harga yang murah meriah. Satu lusin (12 pcs) hanya Rp 150 ribu. Ini berarti satu pcs hanya mencapai Rp 10 ribua rupiah.

IKLAN ANDI BERITABATU

Bebatuan ini juga telah dijual luas di grup-grup facebook. Para penjual jujur menyampaikan kondisi barang dagangannya.

Padahal jika ia hendak menipu, tentu terbuka peluang. Namun mereka tetap mempertahankan kejujuran dalam penjualan.

Hal itu sebagaimana dilakukan salah seorang penujual bernama Dika Pratama, di grup batu akik terbesar di Indonesia, Gudang Akik & Batu Mulia.

Dika menyampaikan dengan jujur bahwa batu yang dijualnya adalah sintetis. Ia menjual beragam batu akik.

BACA JUGA: Temuan Terbaru, Batu Bacan Palsu Terbuat dari Bahan-Bahan Ini

Banyak tanggapan kepadanya, ada yang ngebuli dengan bahasa kecam, namun tidak sedikit yang memujinya dan memberikannya dukungan lantaran kejujurannya. Bahkan ada yang terus order batu akik imitasi miliknya.

BACA JUGA: Waspadalah…! Batu Kalimaya Palsu Dibuat dari Kuteks Wanita

“Kalo semua seller kayak agan, buyer pasti belanja online terus…. pertahankan gan.” Kata Catharine Wikarsak, dalam kolom komentar postingan Dika. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top