AKIK

Batu Bacan Belinya Mudah dan Mahal, Jualnya Susah

BERITABATU.com-Batu Bacan saat ini lagi naik daun. Dan harus diakui, bahwa banyak orang masih mengunggulkan batu yang satu ini. Meski juga banyak yang tidak menyukainya, karena harganya yang mahal.

Tidak sedikit yang mengeluh, kalau Batu Bacan belinya mudah dan mahal, tapi untuk menjualnya kembali sulit untuk terjual, kecuali dngan harga yang rendah.

Hal ini sebagaimana komentar para pecinta batu di media sosial. “Belinya mahal, tapi sulit sekali untuk menjualnya kembali dengan harga yang mahal. Sulit terjual.” Kata Edal, yang gemar batu akik, kepada BERITABATU.com, kemarin.

Dia menjelaskan, batu Bacan bisa cepat laku terjual. Namun itu dilakukan dengan cara menurunkan harga secara drastis. Sedangkan kalau menurunkan harga, orang juga akan curiga dengan batu yang dijual.

IKLAN ANDI BERITABATU
BATU Bacan Doko. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Bacan Doko. DESIGN BY BERITABATU.com

“Dipikirnya bukan Bacan, padahal Bacan. Sebab harganya murah. Dan kalau kita jual murah, kita rugi. Kita kan bukan penambang. Tapi kita beli juga.” Katanya.

Lelaki asal Kota Ambon, Provinsi Maluku ini mengatakan, meski pihaknya tinggal di Ambon, namun bukan berarti mudah mendapatkan batu Bacan.

Batu Bacan tetap sulit didapatkan, sebab batunya bukan berasal dari Kota Ambon, melainkan dari Provinsi Maluku Utara. Dan batu yang sampai di Kota Ambon telah melewati beberapa tangan.

BACA JUGA: Ini Nama Batu Bacan di Zaman Mesir Kuno

“Yang perlu diketahui bahwa lokasi penambang itu sebagian besar adalah milik keluarga. Mereka akan menjual batu bacan hasil tambang mereka, ke reseler. Reseler akan menjualnya ke penada. Penanda akan menjualnya ke tokoh batu. Tokoh Batu akan membentuknya menjadi cincin. Ada juga penada yang membentuknya menjadi cincin, kemudian menjualnya kembali kepada pemilik tokoh. Nah, bagaimana tidak mahal?.” Tukasnya. (BB).

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top