AKIK

Batu Akik Jayapura Sintetis Terbuat Dari Kelereng, Kenali Ciri-cirinya

Batu Akik Jayapura, (Cyslops) atau biasa disebut juga Siklop.  batu tersebut mempunyai beragam warna.  Mulai dari Hijau, Biru Muda, Biru Tua, Ungu, Merah, Orange, Kuning, dan berbagai jenis varian warna lainnya.   Namun yang paling banyak di minati para kolektor adalah warna ungu. “conon”  Batu Siklop berwarnah ungu ini pernah di pamerkan pada Pameran batu akik Surabaya tahun lalu.

foto : kelereng kaca Internet

 

 

Batu ini banyak ditemukan di pegunungan Siklop di Jayapura.  Jenis bongkahannya banyak ditemukan berbentuk bulat seperti kelereng. Ada ukuran yang persis seperti kelereng, ada juga ukuran yang agak besar dari kelereng. pembentukan tersebut secara alami tanpa campur tangan manusia. Sehingga tak herang jika batu ini dapat di palsukan dengan kelereng

Jika secara sepintas kita takkan dapat membedakan yang mana batu akik Siklop dari Jayapura, dan yang mana Kelereng yang berwarna ungu. karena keduanya persis mempunyai kesamaan. tetapi jika kita cermati, maka akan ada kejanggalan-kejanggalan.

Sejatinya kelereng jika kita cermati dengan senter, maka  nampak gelembung-gelembung di dalamnya, hal ini terjadi karena kelereng tidak mempunyai pori, sehingga udara dalam kelereng akan tertinggal pada saat proses pembuatan kelereng. Sedangkan batu akik Siklop tidak nempak gelembung di dalamnya, karena hakikatnya semua batu akik itu berpori namun tak nampak secara kasat mata.

IKLAN ANDI BERITABATU

perbedaan selanjutnya adalah apabila kita membeli Batu Siklop yang masi dalam bentuk seperti kelereng, maka cobalah dengan membentingnya di lantai dengan pelan, jika batu tersebut pantul berkali-kali, maka tidak menutup kemungkinan itu adalah kelereng. namun jika pantulnya hanya sekali maka itulah batu Siklop. (by:RedaksiBB/Edal)

Baca Juga :  Mengenal Batu Cyslops dari Jayapura, Warna-Warni yang Memukau

Jangan Lewatkan : Trend Batu Akik Belum Berahir, Jangan termakan Opini 

Atau :   Pemain Bacan Mulai Merasakan Sepihnya Pembeli 

 

 

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top