AKIK

Awas!!… Batu Bacan Modifikasi, Dibuat dengan Cara ini

BERITABATU.com—Selain bongkahan Batu Bacan dapat dibuat oleh tangan-tangan jahil dari dempul mobil, sebagaimana telah diungkap dalam artikel sebelumnyam, juga terungkap membuat batu bacan modifikasi.

Batu Bacan modifikasi dibuat oleh orang-orang yang sengaja mengumpulkan kepingan-kepingan kecil hasil potongan batu bacan, kemudian dicampur dengan lem atau zat perekat yang dapat mengeras.

Kepingan atau ampas batu bacan tersebut dipres dengan mesin pres batu, sehingga menjadi bongkahan.

BACA JUGA: Ini 7 Ciri Utama Bongkahan Bacan Palsu Yang Terbuat dari Dempul Mobil

IKLAN ANDI BERITABATU

Bahkan diceritakan oleh seorang pengrajin batu akik, bahwa harus waspada, sebab ada juga yang menghaluskan serpihan atau ampas batu Bacan tersebut, kemudian dihaluskan dan dipres ulang setelah dicampur dengan zat tertentu untuk merekatkannya kembali.

Hasilnya memang tidak seperti asli, namun mengandung Batu bacan yang telah dicampur dan dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi bongkahan.

Jika cara seperti ini diterapkan, kemudian dikatakan Bacan Asli, maka orang yang melakukannya adalah benar-benar tidak terpuji. Karena ia telah melakukan penipuan.

Namun jika sebelum menjual atau memasarkannya, kemudian ia mengatakan bahwa ini adalah Batu Bacan modifikasi, maka hal itu tidak mengapa, karena ia telah jujur dalam jual beli.

Dan kreatifitas manusia tidak dibatasi, sepanjang tidak melanggar norma-norma agama dan norma-norma universal yang berlaku di masyarakat umum. (BB)

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top