AKIK

Awas! Ada Batu Obi Yang Mirip Bacan, Ini Cirinya

BERITABATU.com—Batu asal desa Obi Maluku utara, selama ini kita kenal hanyalah ada dua jenis, yakni batu obi merah yang cukup mahal, dan batu obi cokelat mudah yang cukup terkenal saat ini.

Obi Hijua. Foto Beritabatu.com

Namun ada juga penemuan terbaru, yakni batu obi yang paling mirip dengan batu bacan doko, Bahkan kabar yang terhimpun redaksi beritabatu.com, batu ini tengah membanjiri pasar batu akik di halmahera maluku utara.

Warnah pada batu ini sama dengan batu bacan doko, yakni warnah hijau kebiru-biruan, serta dipadu dengan bercak-bercak hitam layaknya crysocola in chalsedony.

Batu Jenis ini, kemungkinan masuk dalam kategori batu Jasper yang umumnya ditemukan di sungai klawing purbalinnga, namun perbedaannya ada pada warnahnya.

IKLAN ANDI BERITABATU

untuk mengenalinya cukup mudah, yakni dengan diterawang dengan cahaya, atau disenter. Batu Obi ini apabila di senter, maka tidak tembus cahaya, atau sinar senter tidak masuk pada daging batu tersebut.

Oleh karenanya, sebagian orang mengatakan, Batu ini termasuk dalam keluarganya batu bacan blue elektrik, namun warnahnya sama mirip dengan bacan doko. (redaksiBB/Edal)

Baca Juga :

Murah Buangaat! Bacan 5 kg, Hanya 700 ribu

Batu Akik Bulu Macan Lebih Digemari, Bacan Mulai ditinggalakan

Pameran! Batu Seram Menarik Perhatian Pengunjung

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top