HEADLINE

Apakah Lelang Online Batu Akik via Facebook Aman?

BERITABATU.com— Dengan semakin ramainnya penjualan batu akik online via facebook, membuat para gem-lovers mengambil langkah-langkah baru, agar konsumen tidak merasa bosan dengan harga yang di tawarkan penjual, salah satunya yaitu dengan cara dilelang online via facebook.

Sejatinya lelang Online merupakan penjualan yang di lakukan dengan cara tawar-menawar oleh beberapa individu terhadap suatu jualan yang di pajang oleh pelaku lelang sendiri yang tentunya dengan aturan-aturan dan batas waktu yang dikeluarkan pelaku lelang tersebut.

BATU akik bergambar naga. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU akik bergambar naga yang dilelang  DESIGN BY BERITABATU.com

 

Namun dibalik cara lelang batu akik online via facebok, ternyata ada kelemahan-kelemahannya, sehingga dengan demikian sering terdapat kecurangan ataupun penipuan yang di lakukan pelaku lelang sendiri. Tidak menutup kemungkinan, banyak yang menjadi korban penipuan lelang online ini, hal ini karena pelaku lelang sering menawarkan batu akik yang  dilelangnya dengan harga yang ekonomis, sehingga banyak yang tergiur dengan penawarannya, tanpa mencermati setiap komunikasinya.

Sebenarnya, langkah untuk mengenali penipuan lelang online adalah sama halnya dengan mengenali penipu penjualan batu akik via facebook juga.  Yakni dengan mencermati komunikasi via inboks dan komentar-komentar diwall facebooknya.  kecuali pelaku lelang tersebut suda terkenal “recommended seller”.

IKLAN ANDI BERITABATU

Namun kita juga harus ekstra hati-hati, karena penipuan lelang online atau penipu jualan online juga bisa mempunyai akun dua atau tiga, atau bahkan lebih, agar ketika anda men-share profilnya ke group-group batu akik, untuk menanyakan ke-absahan jualannya, maka dia akan memakai facebook yang satunya untuk mengomentari kiriman anda di group tersebut, tentunya dengan komentar yang mengangkat namanya dengan sebutan “recommended seller” .

Hal ini sering terjadi berdasarkan pantauan awak beritabatu.com di group-gropu batu akik yang beredaran di facebook. Intinya Jika harga lelang yang kita menangkan dengan harga jutaan rupiah maka ada baiknya kita berikan rekomendasi untuk transaksi melalui REKBER agar sama-sama tidak saling merasa dirugikan. (RedBB/Edal)

Baca Juga : Poin-Poin Penting dalam mengenali Penipaun Jualan Batu Bacan

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top