AKIK

Apa Perbedaan Batu Akik, Batu Mulia, Dan Batu Permata?

BERITABATU.com— Dari awal membooming di Nusantara hingga sekarang, banyak yang masi salah  memberikan pendapat dalam hal membedakan antara batu akik, Batu mulia, dan batu permata, bahkan ada yang menyamakan batu mulia adalah batu permata.

Kedua jenis bebatuan ini termasuk bebatuan alam yang mengalami proses geologi selama  ribuan tahun didalam perut bumi. Namun dari segi kualitas, keindahan, dan kekristalan, keduanya memiliki perbedaan.

Berikut perbedaan versi Beritabatu.com : // Baca Juga : Memukau, Pesona  Naga Sui, Tak Kenal Mak Tak Sayang

BATU Kecubung Junjung Derajat. DESIGN BY BERITABATU.com

BATU Kecubung Junjung Derajat. DESIGN BY BERITABATU.com

Batu mulia, mempunyai tingkat kekerasan pada 8 skala mohs kebawah, dan hampir semua daerah di Indonesia berpotensi tersimpan batu mulia. Namun di kalangan gem-lovers sering menamakannya dengan batu akik,  Untuk lebih terperinci, maka Batu Mulia atau batu akik mempunyai beberapa golongan kelas dilihat dari tingkat kekerasannya.

IKLAN ANDI BERITABATU

Batu Mulia kelas satu mempunyi tingkat kekerasan pada skala 7-8 mohs, seperti batu Beryl, Zircon, Zamrud, Aquumarine, Mesthyst, Garnet, Spinel dan Quartz.

Batu Mulia kelas dua mempunyai tingkat kekerasan pada sakala 7 mohs, seperti batu Lapiz Lazuli, Batu Tourqis/Pirus, Crysocolla in Chalsedony (Bacan) dan yang lainnya yang sepadan.

Batu Mulia Golongan Kelas tiga adalah yang mempunyai tingkat kekerasan antara 4-7 skala mohs, contohnya: Batu Phenakite Beryl Quartz, Peridor, Moontone, Opal, dan Jade.

Batu mulia kelas empat adalah batu yang mempunyai tingkat kekerasan yang lunak tergantung kadar kandungan dan jenis batuannya. Batu mulia kelas ini cenderung berwarnah gelap, dan tidak transparan.

Sedangkan Yang dikatakan Batu Permata, umumnya mempunyai tingkat kekerasan pada skala 8 – 10 mohs ke atas, contohnya,  Batu Ruby, Batu Diamond, Batu Safir, Topaz, Chyrisoberil, Cubic Zirconia. Ini merupakan jenis batu permata yang lanka untuk saat ini dan mempunyai harga yang tinggi tentunya.

Batu Mulia atau Batu akik mempunyai harga yang subjektif di pasaran, artinya nilai jual batu tersebut berdasarkan penilaian sekelompok orang. Semakin unik dan trend batu tersebut, maka semakin mahal pula.

Sedangkan batu permata mempunyai harga yang objektif, artinya nilai harga batu permata suda berdasarkan kesepakatan bersama, Tanpa di pengaruhi oleh trend batu, atau keunikan batu tersebut. (redaksiBB/Edal)

Baca Juga// Apa Khasiat Batu Hajar Jahannam Untuk Kesehatan? Ini Informasinya 

Komentar Gan

comments

Click to comment
To Top